Musyrik Bila Takut Pada Jin?

┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉
┆ MUSYRIK TAKUT JIN

└┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

Pertanyaan, “Apa tolak ukur rasa takut dengan jin yang bernilai kemusyrikan yang mengeluarkan pelakunya dari Islam?”

Andai seorang itu mendengar suara di rumahnya dan ketika itu dia berada di rumah sendirian.
Dalam situasi ini mungkin saja orang tersebut lantas keluar rumah karena ketakutan. Apakah orang murtad gara-gara rasa takutnya kepada jin? Jawabannya tentu saja tidak karena rasa takut semacam itu adalah rasa takut yang alami atau wajar.

Rasa takut alami itu bukan kemusyrikan dengan dalil kisah Nabi Musa. Tatkala Musa melemparkan tongkatnya dengan perintah Allah lalu tongkat tersebut bergerak-gerak seakan ular maka Musa lari ke belakang. Allah pun lantas berfirman ’Wahai Musa janganlah engkau merasa takut’. Musa merasa takut dengan ular dan ini tergolong rasa takut alami yang dibolehkan.

Lain halnya apabila, Ketika seseorang melewati sebuah lembah lalu mereka meminta perlindungan kepada bos para jin yang menghuni lembah tersebut dari gangguan anak buahnya dengan mengatakan “Wahai jin penghuni tempat ini aku berlindung kepadamu dari gangguan anak buahmu”.

Dan juga meyakini bhwa jin bisa mencelakakan kita, membantu kita untuk menyihir, menyantet dan melakukan guna-guna kepad org lain, ini adalah perbuatan haram dan musyrik kepada Allah.

Allah berfirman tentang hal tsb,

فقالنعالى: وإنهكانرجالمنالإنسيعوذونبرجالمنالجنفزادوهمرهقا

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin. Jin-jin itu lantas menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” [QS Jin:6].

Inilah rasa takut kepada jin yang merupakan kemusyrikan. Dan Inilah tolak ukur rasa takut kepada jin yang membatalkan iman.

 

Salam !
– – – – – – – – – – -〜✽〜〜✽〜〜✽

copas dari KTQS

Leave a Reply