Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Fadhlul Islām Bab 11 – Halaqah 86 | Pembahasan Dalil Kesepuluh Hadits Hudzaifah Ibnu Yaman Bag 01

Halaqah 86 | Pembahasan Dalil Kesepuluh Hadits Hudzaifah Ibnu Yaman Bag 01

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله

Halaqah yang ke-86 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Fadhlul Islām yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahāb rahimahullāh.

Beliau mengatakan

وَعَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الخَيْرِ، وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنِ الشَّرِّ مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي، فَقُلْتُ:

يَا رَسُولَ اللَّهِ! إِنَّا كُنَّا فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ، فَجَاءَنَا اللَّهُ بِهَذَا الخَيْرِ، فَهَلْ بَعْدَ هَذَا الخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟ قَالَ: «نَعَمْ» قُلْتُ: وَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الشَّرِّ مِنْ خَيْرٍ؟ قَالَ: «نَعَمْ، وَفِيهِ دَخَنٌ» قُلْتُ: وَمَا دَخَنُهُ؟ قَالَ: «قَوْمٌ يَهْدُونَ بِغَيْرِ هَدْيِي، تَعْرِفُ مِنْهُمْ وَتُنْكِرُ» قُلْتُ: فَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟ قَالَ: «نَعَمْ، دُعَاةٌ إِلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ، مَنْ أَجَابَهُمْ إِلَيْهَا قَذَفُوهُ فِيهَا» قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ! صِفْهُمْ لَنَا؟ فَقَالَ: «هُمْ مِنْ جِلْدَتِنَا، وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلْسِنَتِنَا» قُلْتُ: فَمَا تَأْمُرُنِي إِنْ أَدْرَكَنِي ذَلِكَ؟ قَالَ: «تَلْزَمُ جَمَاعَةَ المُسْلِمِينَ وَإِمَامَهُمْ»، قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُمْ جَمَاعَةٌ وَلاَ إِمَامٌ؟ قَالَ «فَاعْتَزِلْ تِلْكَ الفِرَقَ كُلَّهَا، وَلَوْ أَنْ تَعَضَّ بِأَصْلِ شَجَرَةٍ، حَتَّى يُدْرِكَكَ المَوْتُ وَأَنْتَ عَلَى ذَلِكَ» أَخْرَجَاهُ
وَزَادَ أَبُو دَاوُدَ: قُلْتُ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: «ثُمَّ يَخْرُجُ الدَّجَّالُ مَعَهُ نَهْرٌ وَنَارٌ، فَمَنْ وَقَعَ فِي نَارِهِ؛ وَجَبَ أَجْرُهُ، وَحُطَّ وِزْرُهُ، وَمَنْ وَقَعَ فِي نَهْرِهِ؛ وَجَبَ وِزْرُهُ، وَحُطَّ أَجْرُهُ»، قَالَ: قُلْتُ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: «ثُمَّ هِيَ قِيَامُ السَّاعَةِ»

Dari Hudzaifah bin Al-Yaman; Dahulu manusia mereka bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang kebaikan dan aku bertanya kepada Beliau ﷺ tentang kejelekan karena aku takut kejelekan tersebut menemui diriku. Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ, wahai Rasulullah ﷺ dahulu kami berada di dalam jahiliyah dan juga kejelekan kemudian akhirnya Allāh ﷻ datang kepada kami dengan kebaikan ini, apakah setelah kebaikan ini ada kejelekan lagi?,

Beliau ﷺ mengatakan iya ada kejelekan, apakah setelah kejelekan ini setelah fitnah ini akan ada kebaikan lagi? Beliau ﷺ mengatakan ya ada kebaikan lagi, tetapi di sana ada دَخَنٌ, ada kotorannya.

Hudzaifah bertanya lagi kepada Nabi ﷺ apakah kotoran tersebut yang menyelinap, menyelip di dalam kebaikan tadi?, Beliau ﷺ mengatakan yang menjadikan, yang mengotori kebaikan tadi adalah sebuah kaum yang mereka tidak melakukan sunnah Nabi ﷺ, mengambil petunjuk bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ, mengamalkan bukan dengan amalan Nabi ﷺ dan mengambil petunjuk bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ.

Engkau mengenal dari mereka dan engkau mengingkari. Setelahnya aku mengatakan apakah setelah kebaikan yang ada دَخَنٌ nya tadi kemudian datang lagi kejelekan? maka Nabi ﷺ mengatakan ya, fitnah yang buta, dan di sana ada dai-dai tapi ternyata mereka adalah دُعَاةٌ إِلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ mereka berdiri di depan pintu-pintu tersebut dan ini adalah perumpamaan maksudnya mereka دُعَاةٌ mengajak manusia berada di atas jahanam barang siapa yang menjawab ajakan dari da’i-da’i tadi maka langsung oleh da’i tadi langsung dilemparkan ke dalam jahanam.

Maka Hudzaifah bertanya ya Rasulullah ﷺ sifatkan kepada kami orang-orang tersebut, maka Beliau ﷺ mengabarkan mereka adalah kaum dari جِلْدَة kita dan mereka berbicara dengan lisan kita, maka Hudzaifah bertanya ya Rasulullah ﷺ apa yang engkau perintahkan kepadaku ketika aku menemui zaman tersebut? Beliau ﷺ mengatakan kepada Hudzaifah kalau dalam keadaan demikian maka hendaklah engkau melazimi جَمَاعَةَ المُسْلِمِينَ jangan engkau tinggalkan jama’ahnya kaum muslimin dan hendaklah engkau melazimi imamnya kaum muslimin.

Maka Hudzaifah bertanya lagi bagaimana seandainya saat itu tidak ada jama’ah, tidak ada kaum muslimin, tidak ada orang-orang yang mendengar dan taat kepada imam dan tidak ada imamnya, maka Nabi ﷺ memberikan petunjuk yang lain. Nabi ﷺ mengatakan kamu tinggalkan firqoh-firqoh itu semuanya meskipun engkau harus menggigit akar pohon, yaitu pohon yang besar, sampai datang kepadamu kematian dan engkau dalam keadaan menggigit akar pohon tadi.

Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan juga Muslim dari Hudzaifah bin Al-Yaman.

Al-Imam Muslim ada ziyadah, bahwasanya Hudzaifah bertanya lagi; setelah itu apalagi ya Rasulullah ﷺ? Kemudian setelah itu, yaitu di akhir zaman, akan keluar fitnah yang paling besar di akhir zaman yaitu keluarnya dajjal, dia membawa sungai dan juga membawa api, barang siapa yang masuk kedalam apinya dajjal ini maka dia akan mendapatkan pahala dan akan dihilangkan darinya dosa dan barangsiapa yang lebih memilih masuk ke dalam sungai tadi maka dia berdosa dan akan dihilangkan pahalanya. Kemudian aku bertanya lagi kemudian setelah itu apa ya Rasulullah ﷺ, yang terjadi setelah itu adalah terjadinya قِيَامُ السَّاعَةِ

وَعَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

Dari Hudzaifah bin Al-Yaman

كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الخَيْرِ

Dahulu manusia, maksudnya adalah para sahabat Nabi ﷺ, mereka bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang kebaikan, tentang besarnya keutamaan amal, bagaimana cara melakukan amalan ini dan seterusnya, dan maksudnya di sini adalah aghlab, sebagian besar, ada juga di antara para sahabat selain Hudzaifah yang dia bertanya tentang الشَّرِّ, di sini Hudzaifah berbicara tentang aghlab yaitu kebanyakan manusia mereka bertanya tentang kebaikan

وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنِ الشَّرِّ

Dan aku bertanya kepada Beliau ﷺ tentang kejelekan, tentang fitnah yang terjadi, tentang kejelekan yang terjadi, dan maksudnya disini adalah aghlab juga, jadi sebagian besar pertanyaan Hudzaifah adalah tentang kejelekan bukan berarti beliau sama sekali tidak bertanya tentang kebaikan, disana ada beberapa riwayat, ada beberapa hadits, beliau juga bertanya tentang kebaikan, jadi baik yang pertama كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ atau yang kedua وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ maksudnya disini adalah sebagian besarnya, bukan berarti beliau sama sekali tidak bertanya tentang kebaikan dan bukan berarti para sahabat sama sekali tidak bertanya tentang kejelekan.

Kenapa beliau bertanya tentang kejelekan padahal kebanyakan para sahabat mereka bertanya tentang kebaikan, ini ada maksudnya, beliau mengatakan

مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي

Karena aku takut kejelekan tersebut menemui diriku, artinya bertemu dengan kejelekan kalau dia tidak tahu dan tidak punya ilmu tentang kejelekan tadi maka dikhawatirkan dia terjerumus karena dia tidak mengetahui. Berbeda kalau sebelumnya dia sudah diberitahu tentang ilmu dan dikabarkan tentang kejelekan ini maka ketika datang biidznillah, kalau Allāh ﷻ memberikan taufik kepadanya dengan ilmu tadi dia akan selamat. Ini adalah kejelekan yang kemarin dikabarkan oleh Nabi ﷺ dan petunjuk Beliau ﷺ aku harus demikian dan yakin bahwasanya di dalam petunjuk Beliau ﷺ ada keselamatan di dunia dan juga di akhirat maka dia lakukan.

Inilah yang dimaksudkan oleh Hudzaifah ibnu yaman رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ dan ini menunjukkan tentang fiqihnya dan pemahaman beliau. Dan demikian seorang muslim di dalam kehidupan beragama dia mempelajari al-khair wa syarr, dia mempelajari kebaikan dan juga mempelajari kejelekan. Mempelajari apa itu amal saleh apa itu tauhid dan juga mempelajari tentang yang bertentangan dengan kebaikan tersebut, belajar tentang macam-macam syirik dan harus di atas ilmu diatas cahaya mengetahui tentang macam-macam syirik.

Kita harus mempelajari nawaqidhul Islam, sesuatu yang membatalkan keislaman kita, kita harus mempelajari sesuatu yang membatalkan

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Dikarang di sana Al-Bida’wan Nahyu ‘Anha, macam-macam bid’ah dan juga larangannya, di sana ada yang mengarang tentang Al-Kabair dosa-dosa besar dan tujuannya adalah supaya kita tidak melakukan atau terjerumus ke dalam kejelekan tadi maka harus seimbang. Orang yang hanya mempelajari kebaikan saja tapi dia tidak mempelajari kejelekan dikawatirkan, dan tidak bisa kita pastikan mungkin saja dia selamat, tapi dikhawatirkan ketika terjadi kejelekan dia tidak bisa membedakan antara kejelekan dengan kebaikan sehingga dengan mudah dia terjerumus ke dalam kejelekan.

Sehingga disebutkan oleh sebagian

عَرَفْتُ الشّرَّ لا لِلشّرِّ

Aku mengetahui kejelekan itu bukan untuk kejelekan tersebut maksudnya bukan untuk mengamalkan kejelekan tersebut

ولَكِنْ لِتَوَقّيهِ

Akan tetapi untuk menjaga diriku dari kejelekan tadi

ومَن لا يعرِفُ الشّرَّمنَ الناسِ يقعْ فيهِ

Barangsiapa yang tidak mengetahui yang jelek maka dia akan terjerumus ke dalam kejelekan tersebut, maksudnya adalah dikhawatirkan orang yang berjalan di sebuah jalan dan dia tidak mengetahui bahwasanya di situ ada lubang yang besar yang membahayakan dikawatirkan ketika orang berjalan di jalan tadi, dia akan terjerumus ke dalam lubang tadi. Tapi kalau orang yang bertanya dan diberitahu, pak kira-kira di jalan ini ada yang membahayakan tidak? Oh iya ada di sana dekat belokan misalnya, maka dia akan berhati-hati.

Inilah yang dimaksud oleh Hudzaifah. Kemudian pertanyaan beliau

فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ

Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ, wahai Rasulullah ﷺ

إِنَّا كُنَّا فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ

Wahai Rasulullah ﷺ, dahulu kami berada di dalam jahiliyah dan juga kejelekan.

Di alam jahiliyah, alam kebodohan, bodoh dengan sebodoh-bodohnya, menyembah selain Allāh ﷻ, berdusta atas nama Allāh ﷻ merubah millahnya Ibrahim, menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allāh ﷻ atau mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allāh ﷻ, terjerumus ke dalam berbagai kemaksiatan, ini ada semuanya di zaman jahiliyah, riba, judi, khamr, zina.

Dalam keadaan kami جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ kami dalam keadaan bodoh dan dalam kejelekan, شَر di sini masuk di dalamnya kesyirikan, kebid’ahan, kemaksiatan terkumpul semuanya di dalam jahiliyah

فَجَاءَنَا اللَّهُ بِهَذَا الخَيْرِ

Kemudian akhirnya Allāh ﷻ datang kepada kami dengan kebaikan ini, yang dimaksud dengan خَيْر di sini adalah Al-Islam yang dengannya mereka keluar dari jahiliyah dengan segala jenisnya, maka tentunya adalah kenikmatan tersendiri bagi mereka, merasakan terang benderang di dalam hidupnya, ketenangan di dalam hidupnya, ketenangan yang tidak pernah mereka rasakan ketika mereka dahulu di masa jahiliyah.

Apakah setelah kebaikan ini wahai Rasulullah ﷺ

فَهَلْ بَعْدَ هَذَا الخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟

Apakah setelah kebaikan ini ada kejelekan lagi yaitu akan datang jahiliyah seperti dulu lagi atau tidak

قَالَ: نَعَمْ

Beliau ﷺ mengatakan iya, ada kejelekan. Kapan ini? ketika terjadinya fitnah, dibunuhnya Utsman رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ.

Di masa Nabi ﷺ jelas ini adalah خَيْر, dimasa Abu Bakr kemudian di masa Umar bin Khattab kemudian di masa Utsman, dan setelah dibunuhnya Utsman رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ maka datanglah شَرّ datanglah kejelekan, قَالَ: نَعَمْ maka Nabi ﷺ mengatakan iya ada شَرّ, kelak ada fitnah nanti

قُلْتُ: وَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الشَّرِّ مِنْ خَيْرٍ

Apakah setelah kejelekan ini, setelah fitnah ini akan ada kebaikan lagi? Beliau ﷺ mengatakan

قَالَ: نَعَمْ

Iya ada kebaikan lagi

وَفِيهِ دَخَنٌ

Tetapi di sana ada دَخَنٌ, jadi ada kotorannya tidak murni seperti ketika di zaman Nabi ﷺ, zaman Abu Bakr, zaman Umar itu masih dalam keadaan kebaikannya dalam keadaan murni, belum ada orang-orang yang membuat bid’ah di dalam agama setelah شَرّ tadi ada خَيْر tapi di dalamnya ada دَخَنٌ ada kotorannya. Mereka mengaku memeluk agama Islam tetapi bukan lagi murni seperti di zaman Rasulullah ﷺ, Abu Bakr dan Umar

قُلْتُ

Hudzaifah bertanya lagi kepada Nabi ﷺ

وَمَا دَخَنُهُ؟

Apakah kotoran tersebut yang menyelinap, menyelip di dalam kebaikan tadi

قَالَ: «قَوْمٌ يَهْدُونَ بِغَيْرِ هَدْيِي

Yang menjadikan دَخَنٌ, yang menjadikan kotor, yang mengotori kebaikan tadi adalah sebuah kaum yang mereka tidak melakukan sunnah Nabi ﷺ, mengamalkan tetapi bukan dengan sunnahnya Nabi ﷺ kalau bukan dengan dengan sunnahnya Nabi ﷺ berarti melakukan bid’ah. Inilah yang mengotori, inilah yang menyelinap di dalam kebaikan tadi, muslim tapi dia masih mencari jahiliyah padahal dia sudah muslim, ini disifati oleh Nabi ﷺ dengan دَخَن, inilah yang mengotori, inilah yang menjadikan kebaikan tadi menjadi terkena, terkontaminasi, terkotori, yaitu dengan sebab adanya kaum yang mereka mengamalkan bukan sesuai dengan sunnah Nabi ﷺ

ويَهْتدُونَ بِغَيْرِ هَدْيِي

Kalau يَهْتدُونَ kurang lebih makna sama dengan () yaitu mengambil petunjuk bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ, mengamalkan bukan dengan amalan Nabi ﷺ dan mengambil petunjuk bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ tapi kalau يَهْدُونَ maksudnya adalah kalau dia menjadi orang yang memberikan petunjuk, berdakwah, mengajari orang, maka dia mengajari bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ.
Jadi ketika dia mengamalkan, kaum ini ketika mengamalkan bukan dengan sunnah Nabi ﷺ, ketika dia mendakwahi bukan mendakwahi dengan petunjuk Nabi ﷺ tapi mengajak manusia kepada sesuatu yang baru.

Didalam shahih Bukhari قَوْمٌ يَهْدُونَ, didalam shahih Muslim juga demikian يَهْدُونَ, dan ada di sebagian lafadz يَهْتدُونَ, jadi dua-duanya ada dan maknanya kalau يَهْدُونَ berarti ketika dia berdakwah memberikan penerangan kepada orang lain, memberikan penerangan tapi bukan dengan petunjuk Rasulullah ﷺ artinya mengajak manusia, memberikan petunjuk kepada mereka dengan kebid’ahan bukan dengan petunjuk Nabi ﷺ

تَعْرِفُ مِنْهُمْ وَتُنْكِرُ

Engkau mengenal dari mereka dan engkau mengingkari, artinya ada amalan yang mereka lakukan ada yang ma’ruf, kalian mengenalnya karena ini sesuai dengan agama Islam, shalat mungkin, ketika bulan romadhon mereka berpuasa, mereka berhaji dan seterusnya

وَتُنْكِرُ

Tetapi ada amalan mereka yang mungkar. Ada yang ta’rif karena sesuai dengan Islam ada yang mungkar karena tidak sesuai dengan Islam tidak sesuai dengan contoh Nabi ﷺ.

Di sini menunjukkan bahwasanya bid’ah ini adalah perkara yang jelek, Nabi ﷺ mensifati bid’ah ini adalah dengan دَخَن, sesuatu yang mengotori, sesuatu yang kotor dan mengotori Islam dan dia adalah sesuatu yang mungkar, berarti mereka adalah muslim dan ini adalah خَيْر mereka menjadi seorang muslim dan ini adalah خَيْر tetapi sayang keislaman mereka, mereka kotori dengan bid’ah.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته