ADAB MAKAN MINUM

ADAB MAKAN MINUM┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

Kadang kita bingung apabila menghadiri undangan nikah/pesta tapi tidak ada tempat duduk untuk minum dan makan. Supaya tidak bimbang dan tenan.

Ini beberapa adab-adab makan dan minum:

◊ Makan dan minum dilarang sambil berdiri
Qotadah dari Anas, sesungguhnya Nabi saw melarang minum sambil berdiri. Qotadah lantas bertanya kepada Anas, “Bagaimana dengan makan sambil berdiri?” “Itu lebih jelek dan lebih kotor” kata Anas. (HR. Muslim no. 2024)

Minum zam zam boleh sambil berdiri

Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah saw. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)

◊ Dilarang meniup air minum panas/ makanan yang masih panas dan meminum sambil bernafas dlm gelas
Ibnu Abbas menuturkan “Bahwasanya Nabi Saw melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi)

◊ Bernafas tiga kali setiap akan minum
Dari Anas bin Malik ra beliau bersabda, “ketika aku minum, aku bernafas tiga kali (disetiap sela minum)” (HR. Bukhari no. 45631 dan Muslim no. 2028)

◊ Makan dan minum dengan tangan kanan
Rasulullah saw bersabda,“Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

 

CATATAN:
~Ada beberapa hadits shahih yang mengatakan Rasulullah pernah makan dan minum sambil berdiri.
Dari Ibnu Umar beliau mengatakan, “Di masa Nabi saw kami minum sambil berdiri dan makan sambil berjalan.” (HR. Ahmad no 4587 dan Ibnu Majah no. 3301)
~Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Sungguh aku melihat Nabi saw pernah minum sambil berdiri dan sungguh aku pernah melihat Nabi saw minum sambil duduk.” (HR Ahmad no 797)
~Minum/makan sambil berdiri tidaklah haram namun LEBIH UTAMA dan LEBIH SEMPURNA sambil duduk.

 

copas dari KTQS

Leave a Reply