ARTI & MAKNA BEBERAPA KATA/ ISTILAH (2)

 

ARTI & MAKNA BEBERAPA KATA/ ISTILAH (2)

 

> “Shallallahu `alaihi Wa Sallam” (Saw), sebuah lafaz yang disunnahkan kepada kita untuk mengucapkannya ketika menyebut nama Rasulullah. Artinya, adalah semoga Allah memberikan shalawat dan salam kepadanya.

Perintah untuk bershalawat kepada Rasulullah merupakan perintah dari Al-Quran yaitu,

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

(QS. Al-ahzab : 56)

 

> “Alaihis Salam” (As) yang bermakna : Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya.

Ungkapan ini biasanya diberikan kepada para nabi dan Rasul termasuk juga para malaikat. “Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para Rasul”..

(QS. Ash-Shaffaat : 181)

 

> “Radhiyallahu ‘anhu / ‘anha / ‘anhum” (Ra). Lafaz ini juga merupakan ungkapan dan doa yang disematkan kepada para shahabat Rasulullah SAW. Maknanya adalah “Semoga Allah meridhainya”.

Bila kata terakhirnya ‘anhu maka dhamirnya untuk dia satu orang laki-laki. Bila kata terakhirnya ‘anhum maka dhamirnya mereka (jama’) dan bila kata teakhirnya ‘anha maka dhamirnya untuk dia seorang wanita.

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar”.
(QS. At-Taubah : 100)

” Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mu’min ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon , maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat “.
(QS. Al-Fath : 18)

 

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply