AWAL MEMBACA AL-QUR’AN

 

AWAL MEMBACA AL-QUR’AN

Bismillah mengawali semua Surat dalam Al Quran kecuali surat Attaubah yang tidak diawali dengan Bismillah.  Bila jumlah surat dalam Al Quran seluruhnya 114 berarti Bismillah ada 113 jumlahnya.  Namun demikian Jumlah Bismillah akhirnya dapat genap 114 jumlahnya, karena adanya bismillah yang berada di dalam surat yaitu pada surat Annaml ayat 30.

Sebagaimana yang sudah maklum, surat At-Taubah tidak diawali dengan Basmalah dalam mushaf. Sehingga hal ini berimbas kepada hukum membacanya, yakni ya atau tidak memulainya dengan Basmalah saat membacanya dari awal surat. Lalu bagaimana kalau membacanya dari pertengahan surat, apakah disyariatkan membaca Basmalah?

Basmalah hanya di baca jika di Quran yang akan kita baca ada mengandung lafadz basmalah tsb, kalau tidak, maka tidak perlu dibaca seperti surat Bara-ah (At-Taubah).

Imam Nawawi ra berkata, “Dan sepantasnya menjaga bacaan Bismillahirrahmanirrahim pada permulaan setiap surat, selain surat Bara’ah. Mayoritas ulama berkata bahwa ia (Basmalah) adalah ayat sebagaimana tertulis di mushaf. Dan telah tertulis di permulaan-permulaan surat selain surat Bara’ah. Apabila meninggalkan Basmalah maka ia telah meninggalkan sebagian Al-Qur’an”. (Dinukil dari al-Tibyan fi Adab Hamalah Al-Qur’an: 100)

Adapun jika membacanya dari pertengahan surat: maka tidak dianjurkan mengawali dengan Basmalah. Cukuplah ia membaca Isti’adzah atau Ta’awudz, yakni membaca: A’udzubillahi Minasy Syaithanir Rajim. Hal ini berdasarkan firman Allah,

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca Al Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. Al-Nahl: 98)

Kesimpulan : Apabila memulai membaca dari pertengahan surat cukuplah berta’awudz saja. Jika dari awal surat, maka berta’awudz lalu bertasmiyah, itupun jika diawal suratnya tertulis lafadz Basmallah.

Barakallahu fiik !

Copas dari KTQS Daarul Arqom,

Leave a Reply