BAGAIMANA CARA BERDOA DI MULTAZAM ?

KTQS #562

BAGAIMANA CARA BERDOA DI MULTAZAM ?

“Antara Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah  disebut MULTAZAM. Tidak seorangpun hamba Allah yg berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”. (HR. Baihaqi)

Multazam terletak antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah berjarak kurang lebih 2 meter. Dinamakan Multazam karena makna iltizamuhu (merapatkannya) yaitu orang yg berdoa disunahkan menempelkan dada, pipi, wajah, lengan dan kedua tangannya di Multazam sambil berdoa kepada Allah apa yg dia inginkan.

Setiap doa dibacakan di tempat itu sangat diijabah atau dikabulkan,

• Diriwayatkan Abu Daud bahwa Abdurahman bin abu Shafwan berkata, ”Saat Rasulullah saw menaklukan kota Makkah, aku keluar dan melihat Rasulullah saw dan para sahabat keluar dari Ka’bah. Mereka menyentuh sudut dari pintu Ka’bah sampai ke Hathim (bagian antara pintu & rukun), menempelkan pipi mereka ke Ka’bah dan Rasulullah berada ditengah-tengah mereka”. (HR. Abudaud 1622)

• Dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya berkata: “Saya (menunaikan) thawaf bersama Abdullah, ketika sampai di belakang ka’bah, saya berkata: “Apakah kita tidak berlindung?”. (Beliau) berkata: “Kita berlindung dgn (Nama) Allah dari neraka.” Ketika telah lewat, saya menyentuh hajar (aswad), dan berdiri diantara rukun (hajar aswad) dan pintu ka’bah (Multazam). Maka (beliau) menaruh dada, wajah, lengan dan kedua tangannya begini dan membentangkan lebar keduanya. Kemudian berkata: “Beginilah saya melihat Rasulullah saw melakukannya”. (HR. Abu Dawud, 1899. Ibnu Majah, 2962)

• Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: “Kalau dia ingin mendatangi multazam –yaitu antara hajar aswad dan pintu ka’bah- dan dia menaruh dada, wajah, lengan dan kedua tangannya dan berdoa kepada Allah sesuai keperluannya, dia (diperbolehkan) melakukan itu”. (Majmu’ Fatawa, 26/142, 143)

Semoga bagi sahabat yg sedang melaksanakan Umrah dimudahkan oleh Allah untuk dapat berdoa di Multazam sesuai Sunnah.

Salam !

Copas dari KTQS

Leave a Reply