DAHULUKAN ISTRI ATAU IBU ?

KTQS # 1023

DAHULUKAN ISTRI ATAU IBU ?

 

doa dan kajian islami - nafais tsamrah
Perempuan harus menyadari bahwa laki-laki setelah menikah memiliki dua cinta. Yakni cinta dia sebagai anak kepada ibunya dan cinta dia sebagai suami kepada istrinya.

Kesadaran ini akan membuat perempuan bijaksana menempatkan diri. Dia akan menjadi istri yang sabar kepada suaminya dan menjadi menantu yang jauh lebih sabar kepada ibu mertuanya.

Kedua-duanya, baik ibu maupun istri adalah dua wanita yang memiliki kedudukan sangat penting didalam kehidupan seorang laki-laki. Ibu adalah sebab keberadaannya di dunia sedangkan istri adalah sebab yang memberikan ketenangan dan ketentraman jiwanya didalam rumah tangganya.

Seorang ibu yang shaleh akan melahirkan anak-anak yang shaleh sehingga memahami posisi anaknya sebagai suami dari seorang istri.

Sedangkan istri yang shaleh akan memahami kewajiban suaminya kepada keluarganya terutama ibunya.

Namun jika dia dihadapkan oleh dua hal antara istri dan ibu, maka ibu harus lebih diutamakan daripada istrinya.

Sabda Rasulullah saw kepada seorang laki-laki yang bertanya kepadanya saw dan berkata,”Siapa yang lebih berhak diperlakukan baik?,’Ibumu.’Ibumu.’Ibumu.” (Muttafaq Alaih)

Kompromikan jangan diadukan !

Seorang istri ketika dia memiliki perbedaan pandangan dgn ibu mertuanya kewajiban seorang istri adalah banyak mengalah dan bersabar.

Dan pahami juga oleh perempuan bernama mertua bahwa ketika anak memutuskan untuk menikah anak kita memiliki dua amanah besar dalam hidupnya yakni amanah dia sebagai anak kepadamu dan sebagai pemimpin bagi istri dan anak-anaknya.

Jangan perberat amanahnya dengan sikap mengatur segala urusan anak kita seperti saat ia bayi, biarkan dia membangun rumah tangganya bersama wanita pilihannya.

Salam !