DALIL TENTANG SHALAT KHUSYU (3)

KTQS # 623

TIPS PRAKTIS AGAR SHALAT KHUSYU (3)

1.Tidak menghadirkan didalam hatinya kecuali segala sesuatu yang ada didalam shalat.

2. Hendaklah merasakan bahwa dirinya tengah berdiri dihadapan Raja dari seluruh Raja Yang Maha Mengetahui segala yang tersimpan dan tersembunyi.

3. Mentadabburi bacaan shalatnya karena hal itu dapat menyempurnakan kekhusyuan.

4. Mengosongkan hatinya dari segala kesibukan selain shalat karena hal itu dapat membantunya untuk khsusyu dan janganlah memperpanjang atau melebarkan pembicaraan didalam hatinya. (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 6643)

5. Khusyu bukan berarti tidak mendengar dan tidak melihat apapun, namun ia harus sadar bahwa dirinya sedang shalat, menghadap Allah swt.

6. Dan pertanda orang yg shalatnya khusyu, adalah orang yg setelah shalat menjauhi semua larangan-Nya dan mengerjakan semua perintah-Nya.

MASIH SERING MERASA PIKIRAN MELAYANG KEMANA-MANA SAAT SHALAT ?

Ini solusinya :

Ucapkan dengan SUARA SEDANG DI ANTARA KERAS & PELAN.

“Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”. (Qs. Al-Israa’:110)

Bila kita pelankan suara atau di dalam hati saja, maka terkadang fikiran kita akan melayang tak tentu arah, tapi jika kita baca dengan suara lirih yg didengar oleh diri sendiri, maka ini akan lebih membantu konsentrasi pada bacaan shalat.

Semoga bermanfaat…

Salam !

Dari KTQS

Leave a Reply