DOA MASUK SHAF SHALAT BERJAMAAH DAN TATACARANYA

 

DOA MASUK SHAF SHALAT BERJAMAAH DAN TATACARANYA

 

Do’a masuk shaf sebelum takbiratul ihram, caranya adalah setelah shaf diluruskan dan dirapatkan, lalu berdo’a  dengan do’a masuk shaf yg ma’tsur atau langsung dari Rasulullah saw, yaitu :

اللَّهُمَّ آتِنِي أَفْضَلَ مَا تُؤْتِي عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

ALLAHUMMA AATINIY AFDLALA MAA TU’TIY ‘IBAADAKASH SHAALIHIINA

Ya Allah berilah aku seutama-utama apa yg Engkau berikan kepada hamba-hamba-MU yg shalih-shalih.

Dalilnya :
“Telah mengabarkan kepadaku Muhammad bin Nashrin, dia berkata : Telah mengabarkan kepadaku Ibrahim bin Hamzah, dia berkata : Telah mengabarkan kepadaku Abdul Aziz, dari Suhail, dari Muhammad bin Muslimin bin ‘Aidzin, dari ‘Aamir bin Sa’din, dari Sa’din : Sesungguhnya seorang datang akan ikut shalat berjama’ah, pada waktu itu Rasulullaah saw sedang shalat bersamaku. Ketika sampai dishof shalat, orang tadi berdoa :

ALLAHUMMA AATINIY AFDLALA MAA TU’TIY ‘IBAADAKASH SHAALIHIINA

Ketika shalat selesai Rasulullaah bertanya : Siapa yang membaca doa barusan?. Orang itu menjawab : Aku Ya Rasulallaah. Rasulullaah saw bersabda : Ketika itu ditinggikan kedermawananmu, dan kamu disyahidkan dalam perang sabilillah”.

(HR. Bukhari dalam Kitab Tarikhnya Al Adabu Al Mufrada. Imam Nasa’i Dalam Amalu Al Yaum Wa Al Lailah no. 93. Imam Ibnu Sunniy dlm Kitab ‘Amalul yaum wal lailah no. 106. Ibnu Huzaimah no. 453. Hakim, beliau mengatakan Hadits Shahih atas Syarat Muslim dan disepakati oleh Imam Dzahabiy. Keterangan ini dpt jg dilihat di kitab Al-Adzkaar Li Imam Nawawiy)

Ini adalah sebuah kisah Rasulullah saw dan seorang sahabat saat akan dimulainya shalat berjamaah, ada baiknya doa ini kita amalkan, mengingat Rasulullah saw saat itu langsung mendoakannya setelah ia membaca doa tsb.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply