DZALIM (2)

KTQS # 951

DZALIM (2)

KENAIKAN HARGA

Pada zaman sahabat pernah terjadi kenaikan harga. Mereka pun mendatangi Nabi saw dan menyampaikan masalahnya.

Mereka bertanya :
“Wahai Rasulullah, harga-harga barang banyak yang naik, maka tetapkan keputusan yang mengatur harga barang”.

Nabi saw menjawab:
“Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang menetapkan harga, yang menyempitkan dan melapangkan rezeki, Sang Pemberi rezeki. Sementara aku berharap bisa berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada seorang pun dari kalian yang menuntutku disebabkan ke- DZALIM-an ku dalam urusan darah maupun harta”. (HR. Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah)

Rasulullah saw menegaskan bahwa jangan sampai kenaikan harga dilakukan dengan sewenang-wenang dan tidak adil yang pada akhirnya akan menyengsarakan orang banyak.

Takutlah & berlaku adillah, jangan berbuat dzalim !

Doa Rasulullah Saw.

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ فَاشْقُقْ عَلَيْهِ وَمَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ فَارْفُقْ بِهِ

“Ya Allah, barangsiapa yang mengurus urusan umatku, lalu dia menyusahkan mereka, maka susahkanlah dia, dan sesiapa yang menguruskan perkara umatku, lalu dia mengasihi mereka, maka kasihilah dia”.

(Hadits Riwayat Muslim, Shohih Muslim, 9/351, no. 3407)

“Allaahumma Ahlikiz zhaalimiiina bizzhaalimiiin”

“Ya Allah, binasakan orang-orang dzhalim dengan kebengisan orang-orang dzalim atau perbuatan dzalim (maksudnya : kembalikan kepadanya sebesar kedzalimannya)”.

Allahul Musta’an

Salam !

 

Leave a Reply