EMANSIPASI WANITA MENURUT ISLAM

 

EMANSIPASI WANITA MENURUT ISLAM

 

Banyak orang menganggap Islam menindas Perempuan. Maka dari itu dibuatlah simbol-simbol atau tokoh-tokoh emansipasi wanita seperti yang sudah kita kenal.
Padahal Islam sejak dahulu justru meletakkan perempuan pada derajat yang sama dgn laki-laki.

Perhatikan Firman Allah

dalam surat Al-Ahzab 33:35,
“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu’min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan. Untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”.

 

Juga dalam surat Ali-Imran : 195

“Maka, Tuhan mereka memperkenankan permohonannya dengan berfirman    “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, karena sebagian kamu adalah keturunan  dari sebagian yang lain…..”
Ayat-ayat inilah ayat Emansipasi Wanita, bahwa laki-laki dan perempuan dalam kedudukan yang sama dihadapan Allah, Islamic Gender Equity dihadapan Allah.

Rasulullah telah memberikan contoh 4 Perempuan Teladan Terbaik bagi kita, “Perempuan penghuni surga terbaik adalah KHADIJAH BINTI KHUWAILID, FATHIMAH BINTI MUHAMMAD, ASIAH BINTI MUZAHIM DAN MARYAM BINTI IMRAN”. (HR. Imam Ahmad)

(1). Khadijah binti Khuwailid
PENGAYOM YANG TEGAR DAN RELA BERKORBAN
(2).Fathimah binti Muhammad
PUNCAK KESABARAN DALAM KESEDERHANAAN ► Tegar, Sederhana, Pekerja Keras dan Penurut
(3).Asiah binti Muzahim (Istri Fir’aun)
KETEGARAN DITENGAH KEDZALIMAN ► Cantik, Tegar, Kuat, Tidak Materialistis dan Taat pada Allah.
(4).Maryam binti Imran
SABAR dan TAWAKAL di FITNAH, BERANI hadapi TANTANGAN, IKHLAS menerima TAKDIR.
Insya Allah diuraikan dalam  KAJIAN TENTANG EMPAT KARAKTER PEREMPUAN SURGA .
Salam !
Kartini The Untold Story > http://bit.ly/Jf3jf4

 

copas dari KTQS

Leave a Reply