Empat Ulama Madzhab Mencela Nyanyian

 

[Empat Ulama Madzhab Mencela Nyanyian]

Kami hanya ingin mengingatkan bahwa pengganti nyanyian dan musik adalah Al Quran. Dengan membaca, merenungi, dan mendengarkan lantunan Al-Quranlah hati kita akan hidup dan tertata karena inilah yang disyariatkan.

Ingatlah bahwa Al Quran dan musik sama sekali tidak bisa bersatu dalam satu hati. Kita bisa memperhatikan perkataan murid Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yaitu Ibnul Qayyim rahimahullah. Beliau mengatakan, Sungguh nyanyian dapat memalingkan hati seseorang dari memahami, merenungkan dan mengamalkan isi Al Quran. Ingatlah, Al Quran dan nyanyian selamanya tidaklah mungkin bersatu dalam satu hati karena keduanya itu saling bertolak belakang. Al Quran melarang kita untuk mengikuti hawa nafsu, Al Quran memerintahkan kita untuk menjaga kehormatan diri dan menjauhi berbagai bentuk syahwat yang menggoda jiwa. Al Quran memerintahkan untuk menjauhi sebab-sebab seseorang melenceng dari kebenaran dan melarang mengikuti langkah-langkah setan. Sedangkan nyanyian memerintahkan pada hal-hal yang kontra (berlawanan) dengan hal-hal tadi.

Ighatsatul Lahfan, 1/248-249

Rumaysho

Yuk cari bukunya di link berikut ini : http://tinyurl.com/q7cq8tf

 

 

Musik Islami (Adakah Musik Islami?)

Buku Adakah Musik Islami ini menjelaskan hukum musik baik yang dilabeli islam maupun yang lainnya. Disampaikan dengan dalil yang jelas berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi Shalallahu ‘alaihi wa Sallam. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk tunduk dan patuh terhadap aturan Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Buku ini sangat penting untuk dibaca untuk menjawab fenomena musik dan nyanyian yang telah tersebar di seluruh dunia, bahkan telah merasuki pikiran dan hati kaum muslimin.

Penulis : Muslim Atsari
Penerbit : Pustaka At-Tibyan

Allah ta’ala berfirman, “Dan di antara manusia ada orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” (QS. Lukman: 6).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan masuk ke dalam surga seseorang yang di dalam hatinya ada setitik kesombongan.” Lalu ada seorang laki-laki bertanya pada beliau, “Sesungguhnya manusia itu menyukai baju yang indah dan sandal yang bagus.” Lalu beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.”(HR. Muslim, no. 275).

Hukum Musik dalam Islam

Buku Adakah Musik Islam ini memaparkan pembahasan-pembahasan penting seputar hukum musik dan yang berkaitan dengannya. Diantara bab yang diuraikan yaitu bab Diantara Sifat Orang Beriman, Hadits-Hadits Yang Melarang Alat Musik, Sikap dan Perkataan Para Ulama (Sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Setelahnya), Hikmah Keharaman Alat Musik, Hukum Nyanyian Tanpa Alat Musik, Bantahan Terhadap Orang Yang Membolehkan Musik, Hukum Nyanyian Shufi, serta Hukum Nasyid. Semuanya ditulis berdasarkan dalil-dalil yang kokoh serta penjelasan ulama yang ilmiah.

musik       
hukum musik       
hukum musik dalam islam       
musik dalam islam       
hukum mendengarkan musik  

Dengan menelaah materi yang disampaikan pada buku Adakah Musik Islami, kita semakin meyakini terlarangnya musik dan nyanyian, sekalipun dilabeli dengan kata ‘islami’. Marilah kita menyibukkan diri dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an, yang jelas-jelas memberikan kesejukan dalam hati, menambah kekuatan iman dan menyuburkan semangat untuk beramal shalih dalam rangka mempersiapkan bekal menuju kampung akhirat. Selamat mempelajari.

Dapatkan sekarang juga buku Adakah Musik Islami di sini sms / whatsApp 082262269922

Bahkan jika anda berniat untuk menyebarkan kalimat ini, niatkanlah untuk kebaikan. Mudah-mudahan Allah menghilangkan untukmu kesulitan dari kesulitan-kesulitan dunia dan akhirat.
______________
#galeribukusunnah #sunnah #bukusilami #nasehat #bukusunnah #musik #nyanyian #lagu

Galeri Buku Sunnah
Musik Islami (Adakah Musik Islami?)
Buku Musik Islami (Adakah Musik Islami?) menjelaskan hukum musik baik yg dilabeli islam atau tidak.

Dapatkan diskon 20% All Book’s, Hub SMS/WA: 082262269922