HADITS (LINDUNGILAH DAN BIMBINGLAH KAMI YA RABB…)

KTQS # 599

LINDUNGILAH DAN BIMBINGLAH KAMI YA RABB…

Ar-Rabi’ bin Khutsaim berkata:

إِنَّ لِلْحَدِيثِ ضَوْءًا كَضَوْءِ النَّهَارِ يُعْرَفُ، وَظُلْمَةً كَظُلْمَةِ اللَّيلِ تُنْكَرُ

“Sungguh, hadits (shahih) itu memiliki cahaya sebagaimana cahaya siang yang dikenal, dan (hadits palsu memiliki) kegelapan sebagaimana gelapnya malam yang diingkari”.
(Al-Fasawi meriwayatkan dalam Al-Ma’rifah wat-Tarikh 2/564, juga disebutkan Al-Khathib Al-Baghdadi dalam Al-Kifayah Fi ‘ilmir Riwayah hal. 431)

Ya Allah, bimbinglah hati-hati kami hingga mampu membedakan hadits-hadits Rasulullah saw yang shahih yang tampak jelas cahayanya, dengan hadits-hadits yang tidak shahih yang tampak kegelapannya.

Ya Allah, Dekatkanlah kami kepada orang-orang pembela Sunnah Nabi-Mu yg suci agar kami bisa mengikutinya menuju jalan cahaya yg terang benderang.

Dan jauhkanlah kami dari orang- orang jahil yg menuntun kami kepada jalan gelap tak tentu arah, yg menipu kami dengan hadits hadits palsu hingga kami tersesat.

Sepintas perkataan mereka terasa manis dan indah. Tapi ucapan itu adalah racun yang akan membinasakan kami kelak diakhirat.

Mereka melakukannya dgn akalnya bukan dgn dalil Nabi-Mu, dgn perkataan “ini baik”, “ini bagus”, serasa benar, padahal itu menyesatkan dan akan menjauhkan kami dari tuntunan Nabi-Mu yg agung.

Ya Allah, lindungilah & bimbinglah kami kejalan yg lurus, jalan yg bersinar dan terang benderang dgn cahaya Sunnah.

Salam!

Copas dari KTQS

Leave a Reply