HADITS PALSU ITU BUKAN BERASAL DARI RASULULLAH SAW

Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah # 509

HADITS PALSU ITU BUKAN BERASAL DARI RASULULLAH SAW

SHAUM 9 HARI AWAL MUHARAM (1-9 Muharam)

“Barangsiapa Shaum sembilan hari pada awal bulan Muharam,  maka Allah akan membangun untuknya sebuah qubah terapung bermil mil”. (HR. Abu Nuaim)
Hadits ini Maudhu (PALSU), dibuat oleh rawi pendusta bernama Musa ath-Thawil, lihat Al-Fawaid Al-Majmu’ah : 96. Ibnul Jauzi mengatakan, “Hadits ini palsu”.
Ibnu Hibban mengatakan, “Musa ath-Thawil meriwayatkan sesuatu yg palsu dari sahabat Anas. Tidak halal mencatatnya selain sekedar untuk membuat kita terheran heran”, lihat Al-Mu’jam al-Ausath III:45 no. 2086 dan Al-Faedh al-Qodir IV:212.
Kedua hadits tsb palsu, artinya bukan berasal dari Rasulullah Saw, oleh karenanya tidak bisa diamalkan.
Ibnul Jauzi berkata: “Kepalsuan hadits ini sudah sangat jelas dan tanpa diragukan lagi oleh setiap muslim yang berakal”, (Lihat kitab Al-Maudhu’aat II/201)..

> PESAN RASULULLAH SAW

“Barang siapa yg beramal bukan diatas petunjuk kami, maka amalan tersebut tertolak”. (Muttafaqun alaihi)

> PESAN ALLAH SWT

“Maukah Kami beritahukan kepada kalian tentang orang-orang yg paling merugi perbuatannya. Yaitu orang-orang yg telah sia-sia perbuatannya. dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat sebaik-baiknya”. (Al-Kahfi: 103-104)
“Barangsiapa yg menaati Rasul, sesungguhnya ia telah menaati Allah”. (An-Nisa’ : 80)
“Barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya Allah sangat keras siksa-Nya”. (Al-Anfal : 13)
Salam !
———-
Sahabat bisa lakukan shaum shaum sunnah biasa selama bulan Muharam atau di bulan lainnya sesuai Sunnah Rasulllah Saw berdasarkan hadits shahih : Senin kamis, Ayamul bidh (13,14,15 bln hijriyah), Daud (selang sehari), Qodho (Bayar hutang shaum ramadhan), Tasua, Asyura.

 

  COPAS DARI KTQS

Leave a Reply