HAL HAL SEPUTAR KEMATIAN ANAK (1)

KTQS # 915

HAL HAL SEPUTAR KEMATIAN ANAK (1)

Ada seorang perempuan mendatangi Rasulullah saw. lalu berkata : “Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah memperoleh hadist-hadist Tuan (hadist tentang nasehat atau petuah), maka berilah kami (kaum perempuan) hari di mana Tuan memberikan pengajaran kepada kami tentang apa yang telah Allah ajarkan kepada Tuan”.

Rasulullah menjawab, “Berkumpullah pada hari ini dan ini”. Maka kaum perempuan itu berkumpul dan Rasulullah hadir memberikan pengajaran apa yang di ajarkan Allah kepadanya.

Kata Rasul : “Tiada di antara kalian perempuan yang ditinggal mati tiga anak-anaknya kecuali ketiga anak tersebut menjadi penghalang (hijab ) bagi perempuan itu dari api neraka”.

Seorang perempuan bertanya, “Dan dua orang anak ?”. Jawab Rasul, “(Ya) dan dua orang anak”. (Bukhari Muslim)

Bilangan dua anak itu tidak menjadi batas. Dalam kontek yang sama, dalam hadist lain yang diriwayatkan al-Nasa’iy : Rasul Allah berkata (jika diterjemahkan secara bebas demikian) “Tidakkah menggembirakanmu, bahwa kamu kelak akan melihat anakmu membukakan pintu sorga dan berjalan menjemputmu ?”.

Abu Hurairah berkata (dengan terjemah bebas begini), “Oh iya, anak-anak kecil mereka adalah anak-anak kecilnya sorga”.

Maksudnya, anak-anak yang meninggal masih kecil akan menjadi penghuni sorga tak akan meninggalkannya. “Salah satu mereka (anak-anak kecil penghuni sorga itu) akan menemui orang tuanya. (Setelah ketemu) dia memegangi kuat-kuat baju orang tuanya, tak akan melepaskannya sampai Allah memasukkannya bersama kedua orang tuanya ke dalam sorga”.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply