Sifat Shalat Nabi : HAL-HAL YANG DIPERBOLEHKAN KETIKA SEDANG SHALAT

Sifat Shalat Nabi : HAL-HAL YANG DIPERBOLEHKAN KETIKA SEDANG SHALAT

Seseorang yg sedang melaksanakan sholat dibolehkan utk melakukan suatu hal di luar sholat, jika memang hal itu sangat diperlukan, seperti berjalan sedikit untuk membukakan pintu, jika memang pintu tsb tdk jauh darinya.
Begitu juga menyingkirkan hal-hal yang sangat membahayakan anak kecil, jika di dekatnya ada anak kecil, atau membunuh binatang berbisa yang sangat membahayakan keselamatan jiwa.
Salah satu dasarnya adalah hadist Aisyah ra,
“ Ketika Rosulullah saw sedang sholat dan pintu dalam keadaan tertutup. Ketika aku datang dan minta dibukakan, maka beliau berjalan dan membukakan pintu bagiku dan kembali ke tempat sholatnya“. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Di dalam hadist lain, dari Abu Hurairah ra, Rosulullah saw bersabda :
“Bunuhlah dua binatang yg berwarna hitam, sekalipun dalam keadaan sholat : ular dan kalajengking“. (HR. Abu Daud)
Jadi hal-hal yang akan mengganggu shalat kita, kita diperbolehkan bergerak utk melakukan sesuatu, misalnya mematikan HP yang tiba-tiba berbunyi karena lupa mematikannya, karena apabila tidak kita matikan akan mengganggu jamaah lain, ini harus diprioritaskan.
Juga gerakan dalam sholat jika untuk maslahat sholat tidak apa-apa dilakukan, seperti meluruskan shaf atau maju utk mengisi shaf yg kosong.
COPAS DARI KTQS

Leave a Reply