ISLAM TIDAK MENGAJARKAN DO’A AKHIR dan AWAL TAHUN HIJRIYAH dan UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH

KTQS # 938

ISLAM TIDAK MENGAJARKAN DO’A AKHIR dan AWAL TAHUN HIJRIYAH dan UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH

Saat maghrib hari ini, Insya Allah memasuki tgl 1 Muharam 1436 H.

♠ Tidak ada hadits yang shahih tentang doa akhir & awal tahun. Hadits yang banyak beredar tentang doa tsb adalah hadits palsu. Siapa beramal dengan hadits palsu atas nama Nabi, maka dia telah berdusta atas nama Nabi.

♠ Al-Maqrizi meriwayatkan bahwa yg pertama kali mengadakan Ritual Akhir dan awal tahun adalah BANI FATHIMIYAH, salah satu Sekte agama SYI’AH.

♠ Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam atau ucapan lainnya bukan berasal dari Islam, tapi tasyabuh (menyerupai ritual kafir).
Kesimpulan :
Karena tidak petunjuk & contoh dari al-Qur’an, Sunnah Nabi, serta para Shahabat Nabi, tak pula Imam-Imam Ahlus Sunnah, maka mengamalkan ritual tsb adalah bid’ah dan tertolak.

Jika hal-hal tsb adalah sebuah kebaikan, Nabi dan sahabat-sahabatnya pasti lebih dulu akan melakukannya, nyatanya kan tidak.

Jadi tinggalkan amalan-amalan seperti itu, sebaik apapun amal tsb tapi tidak ada petunjuk maka tertolak.

Barang siapa yang MENGANGGAP BAIK SUATU AMALAN (padahal tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah) berarti dia telah MENCIPTAKAN HUKUM SYARA (syari’at) SENDIRI.

Islam sudah sempurna diturunkan oleh Allah melalui Rasulullah, jadi apabila mengamalkan hal tsb berarti kita menganggap Rasulullah belum sempurna menyampaikan Risalah Allah… Na’udzubillah !

“Allahumma Innaa Bura-aa-u Min Maa Ya’maluun”

Ya Allah kami berlepas diri dari apa yg mereka lakukan.

Kita tunggu sunnahnya Nabi saw dibulan Muharam, yaitu shaum Tasu’a & Asyuraa (9/10 Muharam, 2/3 November, Ahad/Senin).

Cukupilah dengan apa yang Rasulullah ajarkan kepada kita saja.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply