ISTRI TAAT KEPADA AYAHNYA ATAU KEPADA SUAMI ?

KTQS # 1030

ISTRI TAAT KEPADA AYAHNYA ATAU KEPADA SUAMI ?

 

doadankajianislami-istrisolehah

Rasulullah saw bersabda, “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa di bulan Ramadhan, serta menjaga kemaluannya dan benar-benar taat pada suaminya, maka “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yg engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471)
Sabda Rasulullah saw, “Seandainya aku boleh untuk memerintahkan seseorang bersujud kepada selain Allah, pasti akan aku perintah seorang wanita untuk sujud kepada suaminya”. (HR.Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Tirmidzi).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: “Apabila wanita telah menikah, maka suaminya lebih berhak daripada ayahnya, istri lebih wajib mentaati suami dari pada ayahnya”. (Wanita mulia Ahli Surga:36).
Istri hendaknya bisa menempatkan posisinya dihadapan orang tua dan suaminya, jangan sampai ketaatan kepada suami dikalahkan dgn ketaatan kepada orang tuanya. Dia boleh mentaati orang tuanya, namun setelah ketaatan kepada suaminya.
Dan bagi para orang tua supaya merasa senang ketika anak perempuannya lebih mendahulukan suaminya dari pada dirinya, karena hal itu menunjukan bahwa anaknya adalah anak yg shalihah.
Salam !
copas dari KTQS