Jadilah Manusia Pembelajar!

Jadilah Manusia Pembelajar!

Assalamu’alaikum sahabat CintaQuran.

Manusia yang hidup tak lepas dari masalah. Bahkan masalah hidup yang kita hadapi akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Usia bertambah, masalah juga bertambah. Masuk lingkungan baru, bertemu masalah baru. Ketika menjadi orangtua, masalah pun akan terus menyapa kita. Kita pasti menyadari, bahwa untuk atasi permasalahan hidup tak semuanya diajarkan pendidikan formal. Karena itu, kita harus menambah kapasitas diri dan memiliki mental Manusia pembelajar untuk mencari solusi. Agar masalah bisa kita atasi, bukan malah di hindari.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al Isra:36)

Manusia pembelajar tak kenal lelah dalam berburu ilmu. Dimana saja, kapan saja, dgn siapa saja, mendapat ilmu baru yg dia tuju. Manusia pembelajar menyadari hanya ilmu yang akan membuatnya mulia. Dihadapan Allah swt juga dihadapan manusia. Manusia pembelajar pantang menghambur waktu untuk kegiatan yg melenakan. Baginya waktu adalah ilmu, yang harus dijaga & dipelihara. Manusia pembelajar membuka diri dari kritik dan masukan. Tak paranoid dengan perubahan untuk memperbaiki kekurangan.

Manusia pembelajar mencoret kata “Tapi” dan “Jika” dlm berburu ilmu . Karena alasan hanya membuatnya semakin tenggelam dlm kebodohan.

Manusia pembelajar mengutamakan sikap LEARN (apa ilmu yg didapat) dlm bekerja. Bukan sikap EARN (brp bnyak materi yg didapat).  Manusia pembelajar tak pernah merasa cukup dengan titel sarjana . Karena sekolah kehidupan memaksanya terus belajar hingga ajal tiba.  Manusia pembelajar berburu ilmu untuk menebar manfaat, agar ibadah bertambah taat, dgn Allah semakin dekat & menjauhi maksiat.

Selamat menjadi manusia pembelajar..!