JUMLAH RAKAAT SHALAT DHUHA

KTQS # 841 dan  KTQS #843

DHUHA 6 & 12 RAKAAT ?

Di sini sudah dibahas shalat-shalat sunat sesuai sunnah Rasulullah saw, diantaranya shalat dhuha dilakukan dgn 2, 4 atau 8 rakaat, lalu bgmn dgn 6 dan 12 rakaat?

(1) Dari Anas bin Malik, ia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda,”Barangsiapa shalat dhuha 12 rakaat, pasti Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana dari emas disurga”. (HR. Tarmidzu dan Ibnu Majah, Sunan Tirmidzi II:337, Sunan Ibnu Majah II:153)

Hadits dhuha 12 rakaat ini adalah hadits Dhoif karena dalam hadits ini terdapat rawi bernama Musa bin pulan/bin Anas, dia Majhul, tidak dipercaya (Tatajdzibul Kamal, XXIX : 173)

(2) Dari Anas bin Malik, ia berkata,

“Aku melihat Rasulullah saw, shalat dhuha 6 rakaat, maka semenjak itu aku tidak pernah meninggalkan enam rakaat itu”. (HR. At-Thabrani, Al-Mu’jamul Ausath, II:68)

Hadits Dhuha 6 rakaat ini adalah hadits Dhoif, pada sanadnya terdapat seorang rawi bernama Sa’id bin Maslamah Al Mamawi. Bukhari mengatakan “Dia munkarul Hadits, banyak salah” (Tahdzibut Tahdzib, IV : 83)

(3) “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yg lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yg ahli ibadah. Barangsiapa yg mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barang siapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yg taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya”. (HR. At-Thabrani dan Al-Bazzar)

Hadits dhaif dari At-Thabrani ada rawi yg bernama Musa bin Ya’qub, ia buruk hapalannya lihat tahszabul kamal XXIX: 173.

Hadits dhaif dari al-Bazzar ada rawi yg bernama Husein bin Atha, ia sering salah, lihat tahdzibul kamal II : 240.

Jadi shalat dhuha dilakukan : 2, 4 atau 8 rakaat.

Semoga Allah menjauhkan kita dari ibadah-ibadah yang tidak dicontohkan Rasulullah Saw.

 

JUMLAH RAKAAT SHALAT DHUHA

Hadits Dhoif jumlah rakaat Shalat Dhuha.

(1)           Dari Anas bin Malik, ia berkata : “Aku melihat Rasulullah Saw shalat enam rakaat, maka semenjak itu aku tidak pernah meninggalkan enam rakaat itu”. (At-Thabrani, Al-Mu’jamul Ausath, II:68)

Hadits ini pada sanadnya ada seorang rawi bernama Sa’I’d bin Maslamah Al-Amawi. Imam Bukhari mengatakan, “Dia Munkarul Hadits” (Tahdzibul Tahdzib, IV:83)

(2)           Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda ‘Barangsiapa shalat Dhuha dua belas rakaat, pasti Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana dari emas di surga”. (At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, Sunan At-Tirmidzi, II:337 dan Sunan Ibnu Majah, II:153)

Dalam sanad hadits ini terdapat rawi bernama Musa bin anas, Dia itu Majhul. Tahdzibul Kamal, XXIX:173.

Jadi jumlah rakaat Shalat Dhuha, sesuai hadits shahih adalah :

2 rakaat (Bukhari II:699, I:238), 4 rakaat (Muslim I:497) dan 8 rakaat (Muslim I:266, Ibnu Khuzaimah II:230).

 

copas dari KTQS

Leave a Reply