KEHIDUPAN (4)

KTQS # 738

KEHIDUPAN (4)

BERSERAH DIRI & BERSYUKUR

Dikatakan kepada seorang yang saleh,
“Apa sih rahasianya menjadi orang sangat selalu berserah diri kepada Allah & selalu istiqomah?

Beliau menjawab,”Dalam hidup saya, saya selalu berpegang kepada 4 prinsip dan itu yg membuat saya -alhamdulillah- bisa menjaga istiqomah..

1. Saya sangat yakin bahwa rezeki saya tdk akan tertukar dgn rezeki orang lain, makanya saya tdk pernah terlalu memikirkan rezeki & nasib saya. Justru saya selalu menyerahkannya kepada Allah.

2. Amal ibadah saya adalah yang saya amalkan sendiri, jadi jgn pernah berharap mendapat kemuliaan amal dari hasil jerih payah orang lain.

3. Saya selalu menyadari bhw kematian akan datang secara tiba-tiba, makanya saya selalu mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

4. Saya senantisa yakin bahwa Allah tdk pernah tidur & selalu melihat gerak-gerik saya, sehinga saya sangat merasa malu tatkala saya bermaksiat kepada-Nya.

(Siyarul ‘Alamun Nubala karya Imam Dzahabi)

SYUKURI YANG BAIK, & BERDO’ALAH JIKA DITIMPA COBAAN, & RIDHALAH PADA SEGALA KETENTUAN-NYA.

Dalam kitab shohih, dari Aisyah ra, beliau berkata, “Rasulullah saw terbiasa shalat sehingga kakinya pecah-pecah. Kemudian aku mengatakan kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, kenapa engkau melakukan hal ini padahal engkau telah diampuni dosa yang telah lalu dan akan datang.’ Lalu Rasulullah saw mengatakan, ‘Tidakkah engkau menyukai aku menjadi hamba yang bersyukur’”. (HR. Muslim no. 7304)

 

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply