Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

ASMARA : KELUARGA SAKINAH MAWADAH WA RAHMAH

☑ KELUARGA IDAMAN

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. (QS.At-Tahrim:6).

Ibnu Abbas berkata “maksudnya yakni ajarilah mereka (keluarga) untuk taat kepada Allah dan tidak bermaksiat kepadaNYA, dan perintahkanlah kepada keluarga kalian untuk berdzikir agar Allah menjauhkan mereka dari api neraka. (At-thabari XXIII/491).

Qatadah menambahkan : “…Perintahkan dan bantulah mereka untuk melaksanakan (hukum) perintah Allah. Apabila kau lihat keluargamu bermaksiat maka peringatkan dan laranglah mereka (at-thabari XXIII/492).

Adh-dhahdhak dan muqatil berkata “Merupakan kewajiban seorang muslim (laki2) untuk mengajari istrinya, kerabatnya dgn apa-apa yg diwajibkan dan dilarang Allah kepada mereka”. (al-qurtubi XVIII/196).

☑ RUMAH IDAMAN

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:
“Janganlah engkau semua menjadikan rumah-rumahmu itu sebagai kuburan -yakni tidak pernah shalat sunnah atau membaca al-Quran di dalamnya-, sehingga sepi dari ibadah. Sesungguhnya syaitan itu lari dari rumah yang di dalamnya itu dibacakan surat al-Baqarah.”

(Riwayat Muslim)

Mari ajari keluarga kita dgn ilmu agama agar mereka terhindar dari api neraka dan ajak serta utk menghidupkan rumah dgn shalat2 sunnah (serta shalat wajib bagi kaum wanita) dan tilawah qur’an.

QUOTES :
“Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan.
Tetapi cinta menghidupkan penghargaan, menguatkan hati dalam perjuangan, menempuh onak dan duri penghidupan”.
(Buya Hamka Allahyarham)

 

Salam !
————

copas dari KTQS

Leave a Reply