Kesusahan = Kesenangan ???

Semoga الله Merahmati kita hari ini

آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

Kesusahan = Kesenangan ???

Al-Qur’an mengatakan bahwa hidup di dunia ini sebenarnya hanyalah senda-gurau, susah dan senang datang silih berganti.

Surat al-A’raaf ayat 168 menegaskan ; “Kami ( Allah ) coba mereka dengan nikmat yang baik-baik dan bencana yang buruk-buruk”

Kita tidak pungkiri itu, tapi pernahkah kita memberi nasehat untuk bersabar dan tabah,kepada mereka yang sedang terbenam dan bergelimang dalam ujian kemewahan?

Mungkin kalau itu kita lakukan maka kita dianggap tidak waras.

Padahal kalau mau jujur, orang jauh lebih banyak yang gagal menghadapi ujian Allah yang namanya senang dalam kemewahan daripada susah dalam kemiskinan.

Nabi saw beliau bersabda ; ” Demi Allah bukan kefakiran yang aku khawatirkan atas kalian, tetapi aku justru khawatir ( kalau-kalau ) kemegahan dunia yang kalian miliki membuat kalian tenggelam di dalamnya dan membuat kalian binasa sebagaimana yang dialami umat-umat sebelum kalian”

Oleh karena itu jelas keliru kalau kita menganggap ujian Allah itu hanya sesuatu yang menyulitkan dalam kehidupan saja.

Lalu, kalau susah dan senang merupakan ujian Allah, pada hakekat nya kesusahan = kesenangan???

Yaaa,,,, karena keduanya sama – sama ujian Allah.

Bila hal ini dapat kita hayati dengan baik maka kita akan jadi hamba Allah yang tabah dalam menghadapi segala bentuk musibah,dan akan rendah hati manakala musibah tersebut dalam bentuk titipan Allah kemewahan dunia, sehingga mudah bagi kita untuk “membantu” Allah menyalurkan karunia  dan nikmat-Nya kepada hamba-hambanya yang membutuhkan.

Чαα⌣ ALLAH..Чαα⌣ ROBBIII..

Jadikanlah kami pengirim dan pembaca halaman ini sebagai hamba-hamba-Mu yang Kau mudahkan, kebaikan selalu keluar dari dirinya.

Kiriman Ustadz Ali Jaber

Gambar Google Pict

Leave a Reply