KISWAH, PINTU KABAH dan MAS’A

☑ KISWAH

Adalah Penutup keempat dinding Ka’bah yang tergantung dari atap sampai kaki terbuat dari kelambu sutra hitam, lebar total 658 M²,  biaya yg dikeluarkan utk pembuatan kiswah ini 17.000.000 riyal dgn tenaga kerja sebanyak 240 orang.

Kiswah tiap tahun diganti, dilakukan pd tgl 10 Djulhijjah ketika para jamaah sedang berada di Mina, Kiswah ini dihiasi dengan tulisan Al-Qur’an yang disulam secara khusus dengan benang emas.

☑ PINTU KA’BAH

Disebut juga dengan nama Al-Burk, ini terbuat dari bahan emas murni 99 karat, dengan berat keseluruhan 280 kg. Letak pintu ini dari lantai thawaf adalah 2,25 meter sedangkan daun pintu itu sendiri panjangnya 3,06 meter dengan lebar 1,68 meter. Pintu yang sekarang ini adalah hadiah dari Raja Khalid bin Abdul Aziz, karena dalam sejarahnya pintu ini telah berubah-ubah baik dari bahan baku,seni dan bentuknya.

Ada Hadits Nabi yang mengatakan ; “Siapa yang masuk ke Baitullah berarti dia masuk dalam kebaikan, keluar dari kejahatan dan dia mendapatkan ampunan”. (HR. Ath –Thabrani dari Ibnu Abbaas).

☑ MAS’A

Adalah sebutan untuk tempat melakukan Sa’i, yang dibangun utk menghubungkan antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah. Terbuat dari lantai pualam sepanjang 405 m, kini telah dibangun menjadi dua tingkat, jumlah jarak yang ditempuh antara Shafa dan Marwah adalah 7 x 405 m = 2.835 meter.

Antara kedua lampu hijau adalah bukit yang menurun dan mendaki, yang sudah diratakan, oleh karena itu sunnahnya adalah berlari kecil bagi laki-laki saat diantara kedua lampu hijau tsb.

copas dari KTQS -Bandung

Leave a Reply