KUNCI PELARIS USAHA

Manusia diperintahkan untuk berikhtiar.

Tak ada satu pun yang diraih dengan berpangku tangan. Semua itu memerlukan adanya sebuah gerak dan usaha. Diam hanya akan membuat seseorang berkubang dalam penderitaan dan kegagalan.

Jika kita adalah seorang pedagang atau pebisnis, mutlak untuk memiliki kunci pelaris bagi usaha kita:

PERTAMA,

Bertobat dan Ber-istighfar. “Dan, hendaklah kamu memohon ampunan kpd Tuhanmu dan bertobatlah kepada-Nya. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan, Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik”. (QS Hud [11] 3).

Seseorang yang telah bertobat dan terus-menerus beristighfar berada dalam pengampunan Zat yang Maha Menggerakkan. Dan, itu artinya, doa dan harapannya bisa segera dikabulkan.

KEDUA,

Sungguh-sungguh bertakwa.”Barang siapa bertakwa kepad Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.Dan, Dia memberinya rezeki dari arah yang tak terduga.” (QS At-Thalaq [65] 2-3)

Di saat-saat sulit, gagal, pailit, dan sepi pembeli, haqul yaqin akan ada saja jalan kemudahan jika selalu bertakwa kepada-Nya. Dengan bertakwa, pintu kemudahan akan terbuka.

KETIGA,

Tawakal. “Barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan cukupkan (keperluan-nya).”(QS At-Thalaq [65] 3).Setelah berusaha dengan kerja keras dan ikhtiar, serahkan sepenuhnya kepada Allah.Seseorang tetap harus memasrahkan usahanya itu kepada Zat yang Maha Menentukan.

KEEMPAT,

Silaturahim dan Sedekah.”Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan memba-tasinya bagi siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang dikehendaki. Dan, apa saja yang kamu infakkan Allah akan menggantinya. Dialah Pemberi rezeki yg terbaik.”(QS Saba [34] 39).

KELIMA,

Beribadah sepenuh hati hanya mencari ridha Allah SWT. Di antaranya adalah mengerjakan yang wajib dan menghidupkan yang sunnah. “Barangsiapa yang beribadah kepada-Ku dengan sepenuh hati, aku perintahkan dunia untuk melayaninya”. (Hadis Qudsi)

 

Salam !

copas dari KTQS

—————————————————————————————————————————————————-

Leave a Reply