LARANGAN MEMBACA AL-QUR’AN SAAT SUJUD ?

 

LARANGAN MEMBACA AL-QUR’AN SAAT SUJUD ?

Rasulullah Saw bersabda, “Sungguh, aku dilarang untuk membaca al-Qur’an ketika ruku’ dan sujud. Adapun ketika ruku’ maka agungkanlah Rabb di dalamnya. Adapun saat sujud, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa karena pantas doa kalian dikabulkan”. (HR. Muslim no. 1074 dari Ibnu Abbas ra)

Di saat sujud, diperintahkan bersungguh-sungguh dalam berdoa dan memperbanyaknya. Rasulullah Saw mengabarkan, “Sedekat-dekatnya hamba dengan Rabbnya adalah di saat si hamba sedang sujud, maka perbanyaklah doa di dalam sujud”. (HR. Muslim no. 1083 dari Abu Hurairah ra)

Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat dilarang membaca al-Qur’an di saat sujud berdasar hadits dari Ibnu Abbas ra di atas.
Lalu bagaimana jika doa yg diambil dari al-Qur’an ?

“Dan makruh membaca Al-Quran ketika ruku’, sujud, dan tasyahhud dengan kesepakatan imam yang empat”. (Tabyiinul Haqaiq Syarh Kanzi Ad-Daqaa’iq 1/115)

Dengan demikian, hukum seseorang membaca doa dari Al-Quran dalam sujud adalah kembali kepada niatnya, apabila dia membacanya dengan niat membaca Al-Quran maka dilarang dan apabila niatnya adalah berdoa saja dengan doa yang berasal dari al-Qur’an maka diperbolehkan.

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya amalan-amalan itu dengan niat, dan bagi seseorang apa yang dia niatkan”. (Muttafaqun ‘alaihi)

Kesimpulannya adalah,
“Boleh berdoa dengan doa dari Al-Quran ketika sujud, apabila membacanya dengan niat berdoa, bukan karena membaca Al-Quran”. (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 6/441

Dan untuk mengingatkan sahabat bahwa, masih banyak doa-doa lain yg bukan berasal dari al-Qur’an, yaitu dari hadits-hadits shahih.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply