LURUSKAN dan RAPATKAN SHAF NYA ! (1)

KTQS # 980

LURUSKAN & RAPATKAN SHAF NYA !

Islam di indonesia beraneka warna, tidak bersatu, apa penyebabnya? Jangankan dalam hal yang lain, dalam hal shalat berjamaah saja mereka tidak mau bersatu,

Karena dalam shalat berjamaah mereka tidak merapatkan dan meluruskan barisan, akan tetapi bercerai berai, itulah kondisi kaum muslimin di Indonesia.

Perhatikan hadits ini, dari Nu’man bin Basyir, Rasulullah saw bersabda: “Hendaklah kamu benar-benar meluruskan shafmu, atau (kalau tidak; maka) Allah akan jadikan perselisihan di antaramu”. (Muttafaq ‘Alaihi: Bukhari no. 717 dan Muslim no. 436).

“Luruslah kalian dan jangan kalian berselisih. Lantaran itu, hati-hati kalian akan berselisih (baik dalam barisan shafnya dan berselisih dalam hatinya atau bermusuhan)”. (HR. Muslim)

Islam di Indonesia faktanya memang bercerai berai karena shaf shalat yg tidak lurus dan rapat, serta imam tidak pernah memperhatikan jamaahnya dan acuh tak acuh terhadap shaf shalat.

Padahal, meluruskan shaf bukanlah perkara yang sepele, tapi perkara yang sangat besar…

MELURUSKAN DAN MERAPATKAN SHAF SHALAT TERMASUK DARI KESEMPURNAAN SHALAT.

“Luruskanlah shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian dari kesempurnaannya shalat”. (HR. Bukhari no. 723. Teks Hadits Muslim no. 433. Dan Ibnu Majah no. 933).

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB IMAM UNTUK  MELURUSKAN & MERAPATKAN SHAF SHALAT DAN SEBAGAI MAKMUM PUN HARUS MEMAHAMI CARANYA.

Bagaimana lurus & rapatnya shaf shalat ?

Tunggu kajian & gambar ilustrasinya hari Rabu.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply