MASJID NABAWI

Kajian Tematis al-Qur’an
& as-Sunnah # 325

MASJID NABAWI

(Seri Masjid Nabawi 1)

Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, terletak dikota Madinah dahulu bernama Yastrib, sekarang disebut juga Madinatul Munawwarah artinya Kota yang bercahaya,

Mulai dibangun pada bulan Rabiul Awal thn 1 H (Sept 662 M), diatas tanah milik dua anak yatim Sahal dan Suhail yang dibeli dengan harga 10 dinar, ditambah tanah wakaf dari As’ad bin Zurarah.

Luas awal masjid ini 50 x 50m dengan tinggi atap 3,5m, lantai pasir, dinding terbuat dari batu dan tanah, atapnya dari daun kurma, dan tiang penopangnya dari batang kurma. 9 thn awal tanpa penerangan dimalam hari, saat isya membakar jerami untuk menerangi.

Kini, luas Masjid Nabawi 8,2 hektar, mampu menampung 1 juta jamaah, memiliki 10 buah menara dengan ketinggian 104 m dan dipuncaknya terdapat ornamen “bulan sabit” dari bahan perunggu dilapisi emas 24 karat dgn tinggi 7 meter dan berat 4,5 ton.

Luas keseluruhan Masjid Nabawi sekarang diyakini sama dengan luas kota Madinah di masa Nabi Saw.

MAKAM RASULULLAH

Makam Rasulullah terletak disudut Timur Masjid Nabawi yang dahulu disebut Maqshurah. Dahulu ditempat tersebut terdapat dua rumah, yaitu rumah Nabi SAW bersama Aisyah dan rumah Ali RA dengan Fatimah RA.

Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 H (632 M) rumah Nabi SAW terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi SAW dan yang bagian Utara untuk tempat tinggal Aisyah RA.

Pada tahun 678 H (1279 M) diatasnya dipasang Kubah Hijau (green dome) sampai sekarang.

Jadi persis dibawah ‘green dome’ inilah jasad Rasulullah SAW di makamkan dan dua sahabat beliau Abu Bakar RA dan Umar Ibnu Khattab RA.

Setelah masjid Nabawi diperluas, makam tsb dimasukkan kedalam bangunan Masjid.

 

RAUDAH ((Taman Surga)

Letaknya antara Makam Rasul SAW dan Mimbar, luasnya sekitar 144 M² (22 m x 15 m) yang sekarang ditandai dengan permadani wool hijau muda.

 

 

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply