MAYAT YANG TIDAK DISHALATKAN

KTQS # 914

MAYAT YANG TIDAK DISHALATKAN

1. ANAK KECIL BELUM BALIGH

Dari ‘Aisyah ra : “Ibrahim putra Rasulullah saw meninggal pada usia 18 bln dan Rasulullah saw tidak menshalatinya”. (HR. Abu Dawud, Ahmad)

Tetapi boleh juga di shalatkan : “…dan anak kecil (dalam riwayat lain,’Yang diakibatkan karena keguguran’) hendaknya dishalati seraya mendoakan bagi kedua orang tuanya berupa ampunan dan rahmat”. (HR. Abu Dawud, Nasa’i)

 

2. ORANG MATI SYAHID 

Dari Anas bin Malik ra : “Sesungguhnya, para syuhada dalam Perang Uhud tidak ada yang dimandikan, dan mereka dikuburkan dengan lumuran darahnya serta tidak ada yang dishalati”. (HR. Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, Baihaqi, Ahmad)

 

3. ORANG YANG TERKENA BENCANA

“Mati syahid itu ada lima: mati karena tha’un (wabah), mati karena sakit perut, mati karena tenggelam, mati karena tertimbun reruntuhan bangunan, dan mati karena perang membela agama Allah”. (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

 

4. ORANG BUNUH DIRI

Dari Jabir bin Sanrah ra : “Ada seorang laki-laki yang tengah sakit dan diratapi keluarganya…orang sakit tersebut bunuh diri dengan menusukkan anak panah ke jantungnya…Beliau kemudian bersabda,’Kalau begitu aku tidak akan menshalatinya”. (HR. Abu Dawud, Muslim, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, Hakim, Baihaqi, Ath-Thayalusi)

 

5. ORANG KAFIR

“Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik”. (QS. At-Taubah:84)

 

6. ORANG MUNAFIK

“Janganlah sekali-kali kamu shalat atas seseorang dari mereka (orang munafik) yang meninggal dunia”. (HR. Bukhari)
Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply