MULTAZAM

Kajian Tematis al-Qur’an
& as-Sunnah # 320

MULTAZAM

(Seri Masjidil Haram 4)

Multazam

 

Multazam terletak antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah berjarak kurang lebih 2 meter.

Setiap doa dibacakan di tempat itu sangat diijabah atau dikabulkan, karena itu diperebutkan jutaan org saat berhaji atau umrah.

Tempat ini merupakan tempat utama dalam berdoa, yg dipergunakan oleh jama’ah Haji dan Umroh utk berdoa/ bermunajat kepada Allah SWT setelah selesai melakukan Tawaf.

Rasulullah SAW bersabda, “Antara Rukun Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah, yg disebut Multazam. Tdk seorangpun hamba Allah yg berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”. (HR. Baihaqi dari Ibnu Abbas)

Semua berusaha berdoa menyampaikan hajat masing-masing di lokasi sempit itu. Utk menyentuh Multazam terutama di musim haji tdk mudah, penuh dgn perjuangan.

Disunahkan berdoa di Multazam sambil menempelkan tangan, dada dan pipi ke Multazam sesuai dengan hadist Nabi saw yg diriwayatkan Abu Daud bhw Abdurahman bin abu Shafwan berkata, ”Saat Rasulullah saw menaklukan kota Makkah, aku keluar dan melihat Rasulullah saw dan para sahabat keluar dari Ka’bah. Mereka menyentuh sudut dari pintu Ka’bah sampai ke Hathim (sudut hijir Ismail), menempelkan pipi mereka ke Ka’bah dan Rasulullah berada ditengah-tengah mereka”.

Inilah tempat Mustajab dikabulnya doa. Hanya pertolongan dan anugrah Allah seseorang dapat menikmati kemurahan-Nya di Multazam.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply