MUSIK ITU HARAM ?

 

Suatu hari aku bertanya pada salah seorang ustadz tentang pilihan anakku untuk menjadi pemusik, untuk kuliah mengambil jurusan musik..

 

Dan inilah jawaban dari ustadz tersebut:
Bismillah.

Nasihati anak ibu, agar tdk memilih musik sebagai pekerjaan karena musik Haram.Qs.31:6.
Lahwal Hadits dijelaskan oleh Ibnu Abbas yaitu musik dan nyanyian.
Juga Hadits Nabi.”Sesungguhnya akan ada sebagian ummatku beberapa kaum yang menghalalkan, zina, sutra (bagi laki),khamar & musik“.
(HSR.Bukhari no.5590,Abu Dawud).
Musik pada hadits ini hukumnya haram, karena kata menghalakan berarti asalnya haram lalu dihalalkan. Juga musik disebutkan bersama dengan yg sdh jelas haramnya:’zina,sutra dan khamar’.
Juga hadits Nabi yg menyebutkan bahwa Musik dan nyanyian salah satu penyebab datangnya azab.
“Pada ummatku ini akan ada pembenaman ke perut bumi,pengubahan bentuk menjadi makhluk lain,serta hujan batu dari langit.
Maka berkatalah salah seorang sahabat bertanya:”Wahai Rasulullah,kapan hal itu terjadi?Beliau menjawab: “jika para penyanyi dan pemain musik banyak bermunculan serta khamar dijadikan minuman”.(HSR. at Tirmidzi no.2309,dishahihkan al Albani dlm Silsilah al Hadits ah Shahihah jilid 5.hadits no.2203.Shahih Sunan at Tirmidzi no.2212.Wallaahu a’lam.
Kemudian saya mencari lagi lebih lanjut tentang topik ini, inilah hasilnya , berupa link-link yang bisa kita klik langsung: