NUZULUL QUR’AN TERJADI PADA MALAM LAILATUL QADR

Kajian Tematis al-Qur’an
& as-Sunnah # 433

(SERI RAMADHAN 27)

NUZULUL QUR’AN TERJADI PADA MALAM LAILATUL QADR

Peristiwa besar Nuzulul Qur’an, turunnya wahyu Al-Qur’an telah melahirkan umat Islam sebagai sebuah bangsa besar dgn peradaban yg sangat tinggi.

Ada apa dgn Nuzulul Quran ?

Tafsiran QS. Ad-Dukhon ayat 3:
“Allah menurunkan al-Quran sekaligus dari Lauh Mahfudz ke  Baitul Izzah (rumah kemuliaan) di langit dunia kemudian Allah menurunkannya secara berangsur-angsur sesuai dgn berbagai peristiwa selama 23 tahun kepada Rasulullah saw”. (Tafsir Ibnu Katsir 8/441)

Lalu kapan Nuzulul Qur’an / saat turunnya al-Qur’an itu?

Benarkah peristiwa Nuzulul Qur’an terjadi pada tanggal 17 Ramadhan?

Mudah sekali menjawabnya, Allah menegaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan pada suatu malam yg mulia.

“Sesungguhnya kami menurunkannya pada Lailatul-qadr dan tahukah kamu apa Lailatul-qadr itu? Lailatul-qadr itu lebih baik dari seribu bulan”. (QS. Al Qadr:1-3)

Ayat diatas dgn jelas menerangkan bahwa al-Quran diturunkan pada malam kemulian (Lailatul Qadar).

Lalu kapan Lailatul Qadr itu?

Rasul Saw bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”.

(HR. Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Dengan demikian telah jelas bahwa Lailatul Qadar / Nuzulul Qut’an / turunnya al-Qur’an terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yaitu pada malam-malam ganjilnya 21, 23, 25, 27 atau 29.

Maka gugurlah pendapat yg menyatakan bahwa turunnya al-Quran pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan, karena tanggal tsb belum termasuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Mari kita Jadikan Al qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup menuju jalan keselamatan. Tidak hanya dalam kehidupan dunia, tetapi juga kehidupan di akhirat yg kekal dan abadi.

Keselamatan hidup ini hanya akan didapatkan, jika Al Qur’an dijadikan sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Salam!

dari KTQS

Leave a Reply