PANJANG UMUR dan BANYAK AMAL KEBAJIKAN

panjang umur dan banyak amal kebajikan

 

Dari Abu Bakar ra, “Wahai  Nabi Saw, siapakah manusia yg paling baik?”.

Beliau Bersabda, “Orang yg panjang umur dan baik amalnya”.

Ia bertanya lagi, “siapakah manusia yg jelek?”,

Nabi  menjawab, “Orang yg panjang umur lagi buruk amal nya”. (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)

Dari Abu hurairah ra, berkata Nabi Saw, “Maukah kalian aku kabarkan siapa yg terbaik dari kalian?”. Sahabat menjawab, “Iya”.  Nabi Saw berkata, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling panjang umurnya dan paling baik amalnya”. (HR Ahmad)

Barang siapa yang memohon dipanjangkan umurnya agar dapat melakukan amal sholeh yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dan dia bersemangat dalam beramal, maka orang tsb adalah orang-orang yang Benar (shodiqin).

Tetapi jika dengan keinginannya tersebut dia bermalas-malasan dalam beramal, maka jelas dia adalah seorang pendusta (kadzibin).

Dunia adalah tempat untuk beramal (Daarul ‘amal) sedangkan akhirat adalah tempat panen dan ganjaran (Daarul jaza’).

Sebaik-baiknya manusia adalah UMUR AMALNYA lebih panjang dari UMUR BIOLOGISNYA. 

 

Orang yg pendek umurnya namun setelah kematiannya kebaikannya masih selalu diceritakan orang dan amalnya masih ditiru orang, itulah orang beruntung dan sholeh.

Namun sebaliknya umurnya panjang, tapi tidak ada kebaikan yang dapat ditiru dan dikenang orang, sia-sialah hidupnya dan merugilah ia …na’udzubillah!

SETIAP TAHUN UMUR KITA BERTAMBAH, ARTINYA JATAH UMUR KITA BERKURANG. JADI ANEH KALAU ADA ORANG BERPESTA PORA BERLEBIHAN UNTUK MERAYAKAN ULANG TAHUNNYA. ARTINYA KAN, SAMA SAJA DIA SEDANG MERAYAKAN KEMATIAN YANG SEMAKIN DEKAT.

SEHARUSNYA SETIAP ULANG TAHUN DIA MERENUNG; APA SAJA YANG SUDAH DILAKUKAN DAN APA SAJA YANG AKAN DILAKUKAN UNTUK MEMANFAATKAN SISA UMUR.

Oleh karena itu, lakukan yg akan mendatangkan manfaat bagi dirimu kelak !

Salam !

(dari KTQS-El Rinaldi-Al Fikri,Darul Arqom-Bandung)

Leave a Reply