PUASA DAUD

KTQS # 949

PUASA DAUD

 

Puasa Daud merupakan puasa sunah terbaik. Terdapat banyak hadis yang menyebutkan hal itu. Diantaranya hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash ra, Rasulullah saw bersabda,

“Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud. Beliau sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa”. (HR. Bukhari 3420, Muslim 1159, dan yang lainnya).

Sebagian ulama berpendapat, diantara aturan puasa Daud yang perlu diperhatikan, bahwa orang yang merutinkan puasa Daud maka dia tidak diperbolehkan melakukan puasa sunah yang lainnya.

Diantara dalil yang menunjukkan hal ini adalah riwayat yang menceritakan tentang rencana puasa sunah tiap hari yang hendak dilakukan Abdullah bin Amr bin Ash ra.

Abdullah bin Amr bin Ash ra pernah menyampaikan kepada Nabi saw tentang rencananya untuk berpuasa setiap hari. Mendengar rencana ini, Nabi saw melarangnya dan menasehatkan agar puasa 3 hari tiap bulan. Namun Abdullah bin Amr tetap mendesak untuk melakukan lebih, “Aku mampu untuk mengerjakan yang lebih dari itu”.

Hingga Nabi saw menasehatkan puasa Daud,

“Sehari puasa, sehari tidak puasa. Itulah puasa Daud ‘alaihis salam dan itu puasa paling baik”.

Abdullah bin Amr tetap mendesak untuk lebih, “Aku mampu untuk mengerjakan yang lebih dari itu”.

Namun Nabi saw melarangnya, dan menegaskan, “Tidak ada yang lebih utama dari pada puasa Daud”. (HR. Bukhari 3418, Muslim 1159).

Dalam riwayat lain, ketika Abdullah bin Amr meminta puasa sunah tambahan,

Nabi saw melarangnya, untuk melakukan lebih dari puasa Daud, “Lakukan puasa Nabi Daud ‘alaihis salam dan jangan kamu tambah melebihi hal itu”. (HR. Ahmad 6867, Bukhari 1975, dan yang lainnya)

Puasa Daud merupakan puasa sunah terbaik, jika sudah mengamalkannya, maka tidak boleh melakukan puasa sunnah yg lainnya sesuai hadits diatas : “…jangan kamu tambah melebihi hal itu”.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply