QABLIYAH SHUBUH

Qabliyah shubuh adalah shalat sunnah dua rakaat sebelum shubuh, yang tidak pernah Rasulullah tinggalkan, seperti halnya shalat witir, namun tidak seperti shalat dhuha yang kadang dikerjakan dan kadang tidak.

Dari Aisyah ra, “Nabi Saw tidak pernah memelihara satu shalat sunnah pun dengan sangat sungguh sungguh melebihi dua rakaat sebelum shalat shubuh”. (HR. Bukhari 1169 dan Muslim 724)

Abu Hurairah, Rasulullah bersabda. ” Janganlah kalian meninggalkan shalat dua rakaat qabla shubuh walaupun seekor kuda mencampakkannya”. (Musnad Ahmad II:405, Abu Dawud II:20)

RINGAN DAN CEPAT

Dan Rasulullah melakukannya dengan sangat ringan (rak’ataini khafifatain) dan surat yang dibacanya pendek dan cepat.

 

Aisyah ra berkata, “Rasulullah meringankan dua rakaat sebelum shalat shubuh, dan aku mengira Rasulullah tidak membaca al-Fatiha”. (HR. Bukhari 1171 dan Muslim 724)

KEUTAMAAN

Keutamaan shalat qabliyah shubuh ini sangat besar, sehingga Rasulullah sangat menekankan shalat ini agar diamalkan rutin oleh umat, termasuk saat safar.

Aisyah ra mengatakan, “Dua rakaat sebelum shalat shubuh lebih baik daripada dunia dan seisinya”. (HR. Muslim 725)

APABILA TERTINGGAL

Begitu istimewanya shalat ini sampai sampai apabila tertinggal karena masbuq shalat berjamaah atau terlupa, dapat diganti dan dilakukan diwaktu lain.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yg mengerjakan shalat dua rakaat sebelum shalat shubuh, hendaknya dia mengerjakan setelah terbit matahari”. (HR. Tirmidzi, Baihaqi, Al Hakim, ash Shahihah 2361)

Dari Qais bin Amr, “Rasulullah melihat seseorang mengerjakan shalat dua rakaat setelah shalat shubuh, lalu orang itu mengatakan, aku belum mengerjakan shalat dua rakaat sebelum shubuh jadi aku mengerjakannya sekarang, lalu¬† Rasulullah diam (tanda setuju)”. (HR. Abu Dawud 1128)

Mari kita rutinkan/dawamkan shalat qabliyah shubuh ini sesuai sunnah Rasulullah Saw yang shahih.

Salam !

copas oleh www.berdoalah.com

kiriman Darul Arqom -Bandung

Leave a Reply