RAMADHAN TIBA, PINTU-PINTU SURGA TERBUKA, PINTU-PINTU NERAKA DITUTUP dan SETAN DIBELENGGU

 

PENGERTIAN DARI :
RAMADHAN TIBA, PINTU-PINTU SURGA TERBUKA, PINTU-PINTU NERAKA DITUTUP dan SETAN DIBELENGGU

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan agung, saat di mana Allah memperbesar pahala, melipatgandakan ganjaran, dan membuka pintu-pintu kebaikan bagi orang-orang yg menginginkannya.

Di antara hadits yg agung yg menunjukkan keutamaan bulan Ramadhan adalah sabda Rasulullah Saw :

“Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” [Muttafaqun ‘alaihi]

Dalam riwayat lain, Rasulullah saw juga bersabda :

“Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yg sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yg terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yg ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan:

‘Wahai orang yg menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yg menginginkan kejelekan tahanlah.’

Dan Allah memiliki orang-orang yg dibebaskan dari neraka, yg demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi dalam Sunan-nya no. 682 dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya no. 1682, lihat Al-Misykat no. 1960)
”Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini oleh karena banyaknya amal saleh yg dikerjakan, dan sekaligus untuk memotivasi umat islam agar melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yg dilakukan oleh orang-orang yg beriman. Setan-setan diikat dan dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan-bulan selain Ramadhan”.  [Majaalisu Syahri Ramadhan]

Allah telah menciptakan bulan Ramadhan ini sebuah ibadah massal yg diharapkan akan memudahkan kita untuk banyak beribadah dibulan tsb.

Allah memperbesar pahala, melipatgandakan ganjaran, karena itulah Pintu-pintu surga dibuka dan Pintu-pintu neraka ditutup, bagi hamba yg menginginkannya.

Salam !
dari KTQS

Leave a Reply