RASULULLAH dan DAKWAH

Rasulullah berdakwah mengajak manusia menuju kebaikan penuh dengan tantangan, ejekan, fitnah, caci maki bahkan ancaman dibunuh itu sudah menjadi hal biasa. Namun apa yg Rasulullah lakukan apabila hal itu terjadi kepadanya? Rasulullah TIDAK membalasnya bahkan mendoakan orang tersebut agar Allah mengampuninya… Subhanallah luarbiasa !

Hal ini pernah terjadi, Rasulullah pernah ditimpuki batu di Thaif ketika berda’wah kepada Bani Tsaqif, sampai wajah beliau berdarah-darah dan giginya lepas krn timpukan batu, namun begitu beliau tetap tabah mampu menahan diri, tdk emosional utk membalas.

Bahkan ketika malaikat penjaga gunung berkata kepadanya, “Apakah engkau meminta kepadaku agar membalikkan bumi tempat mereka tinggal ini? (Maksudnya malaikat menawarkan utk membalas timpukan batu dan penghinaan)”

Nabi menjawab, “Tidak, aku hanya memohon kepada Allah agar dari tulang sulbi mereka nanti akan lahir GENERASI yang menyembah Allah semata dan tidak menyekutukanNya”. (Muttafaq alaih)

Lalu Rasulullah mendoakan mereka:

“Allahummaghfirli qaumi fainnahum laa ya’lamun”

Ya Allah, ampunilah kaumku, sesungguhnya mereka kaum yang tidak mengetahui

Dilempari batu malah mendoakan kebaikan bagi mereka…

Di kemudian hari tercatat dalam sejarah dari Thaif itulah muncul GENERASI PENGHAFAL AL-QUR’AN dan PERIWAYAT HADITS terbanyak, doa beliau dikabulkan Allah !

Apa rahasianya? Inilah rahasianya…

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya kalian tidak mampu menguasai manusia dengan harta kalian, namun mereka dapat dikuasai dengan manisnya wajah dan AKHLAK YANG BAIK”.

(HR. Abu Ya’la, Imam Haim menshahihkannya. Bulughul Maram, Bab At Targhib min Musawi al Akhlaq. no. 1341)

It’s Amazing !

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Yaa Allah, Sampaikan Sholawat kepada Muhammad dan Keluarga Muhammad.

Salam !
Copas dari KTQS

Leave a Reply