Satu Atap Dua Dunia

Satu Atap Dua Dunia

Assalamu’alaykum sahabat CintaQuran,

 

Kehidupan rumah tangga telah menyatukan dua dunia berbeda dari dua jenis  manusia. Perbedaan karakter pria dan wanita akan memberikan petualangan tersendiri dalam membangun keharmonisan keluarga . Karena pola komunikasi kepada suami atau istri tak bisa dilepaskan dari karakter penciptaannya sebagai pria dan wanita. Kepiawaian dalam memahami karater pasangan saat berkomunikasi, sangat berpengaruh dalam membina rumah tangga yang tenang, nyaman layaknya di surga.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ﴾QS. Ar Ruum: 21﴿

“Nasehatilah isteri-isteri kalian dengan cara yang baik, karena sesungguhnya para wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok dan yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah bagian atasnya (paling atas), maka jika kalian (para suami) keras dalam meluruskannya (membimbingnya), pasti kalian akan mematahkannya. Dan jika kalian membiarkannya (yakni tidak membimbingnya), maka tetap akan bengkok. Nasehatilah isteri-isteri (para wanita) dengan cara yang baik.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dalam berkomunikasi, wanita lebih banyak mempertimbangkan rasa. Sementara pria lebih banyak mengandalkan logika. Tak heran ketika Rasul mengingatkan Aisyah yang menyajikan teh Asin tidak dengan perkataan yang menyakiti hatinya. Tapi memberikan kesempatan aisyah untuk mencicipi sehingga dia sadar telah salah memasukkan garam yang seharusnya gula. Wanita berbicara empat mata untuk didengar sementara pria curhat untuk cari jalan keluar. Wanita lebih senang dipuji, sementara pria akan memberikan lebih ketika jerih payahnya dihargai.

Selamat menjalin komunikasi suami istri.

suami-istri-doadankajianislami