SEDEKAH DIBULAN RAMADHAN

 

SEDEKAH DIBULAN RAMADHAN

Bersedekah pada bulan Ramadhan lebih utama (afdhal) daripada bersedekah pada bulan-bulan lainnya. Pada bulan itu Rasulullah saw sangat dermawan, sangat mudah mengeluarkan sedekah ibarat angin yg bertiup kencang.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra berkata:

“Rasulullah saw adalah manusia yg paling dermawan dan lebih dermawan pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya untuk mengajari Al-Qur`an pada setiap malam pada bulan itu.

Kedermawanan Rasulullah saw pada saat itu lebih baik daripada angin sepoi-sepoi (angin yg bertiup terus-menerus dan bermanfaat)”. (HR. Bukhari 1/30 Fath dan Muslim no. 2307).

Dalil ini menunjukkan keutamaan sedekah bulan Ramadhan di mana Amal itu dilipatkan pahalanya karena kemuliaan waktu dan tempatnya.

Doa Malaikat Atas Pemberi dan Penahan Sedekah :

Rasulullah SAW bersabda : “Setiap hari, dua malaikat turun ke bumi, salah seorang dari mereka berkata, ‘ya Allah, gantilah harta orang yg bersedekah di jalan-Mu’.

Sedangkan yg satunya lagi berkata, ‘ya Allah, binasakanlah harta orang yg menahan hartanya untuk disedekahkan”. (HR. Bukhari)

Saat kita memberi atau berbagi, sesungguhnya kita sedang diberi kesempatan oleh Allah untuk  mewakili-Nya berbagi kasih.

Betapa sedekah memiliki keajaiban tiada tara. Namun, mengapa masih banyak orang yg tidak gemar melakukannya?

MITOS : “Sedekah tapi tidak boleh berharap”

Padahal selagi kita berharap kepada Allah, itulah namanya IKHLAS. Apabila kita berharap kepada selain Allah, itulah namanya TIDAK IKHLAS.

Kita disuruh berharap balasan dunia dan akhirat (QS 2: 200-202). Nabi pun berharap dan pastilah itu yang paling benar.

Jadi, BERSEDEKAHLAH dan BERHARAPLAH !

Punya KEINGINAN dan ingin dikabulkan? mari kita BERSEDEKAH dan BERHARAP !

 

Salam !
dari KTQS

Leave a Reply