SEPUTAR SHALAT JUMAT (tanya jawab)

Kajian Tematis al-Qur’an
& as-Sunnah # 487 dan 492

TANYA JAWAB SEPUTAR SHALAT JUMAT

TANYA
Jαϑȋ klo ƍªª jum’atan,  ƍªª sholat dzuhur kang?! Atau ƍªª jum’atan  tªþi  diganti sholat dzuhur?!

JAWAB
Klo sdh ‘Id tapi gak akan shalat jumat, ya udah gak perlu shalat dhuhur, karena laki-laki hanya diwajibkan shalat jumat.

Klo diganti shalat dhuhur, ya bukan Rukshoh (keringanan) namanya dan malah jd tambah banyak rakaatnya.

TANYA
Dikajian kemarin Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah # 486, disebutkan hari raya (‘id) dalam islam ada dua, bisa minta dalilnya ust, lalu hari besar lainnya (maulud, isra miraj, dll) bagaimana statusnya, syukron.

JAWAB
Ya Jum’ah dan ‘Id (‘idul fithri dan ‘idul adha)

Hadist tentang hari jum’at adalah hari raya,

Dari Ibnu Abbas ra berkata Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya hari ini (Jumat) Allah menjadikannya sebagai hari ‘Id bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yg menghadiri shalat Jumat hendaknya mandi, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah”. (HR. Ibnu Majah)

Hadits tentang ‘idul fitri dan adha adalah hari raya,

“Sesungguhnya Allah telah menggantikan untuk kalian dengan dua hari raya yg lebih baik dari dua hari raya kalian, yaitu Hari ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha”. (HR. Abu Dawud dan An-Nasa`i).

Untuk hari raya/besar selain dua ini saya tidak menemukan dalilnya serta tidak ada tuntunannya dari Rasulullah Saw dan para sahabat untuk merayakannya.

Hadits diatas sudah membatasi hari raya/besar lainnya.

TANYA
Jadi memotong kuku dan rambut itu tidak apa apa ya, hanya keutamaan saja ya? Dosa gak?

JAWAB
Iya tidak apa apa, kalau keutamaan diamalkan itu baik, kalau tiidakpun tidak mengapa, hanya saja tidak dapat pahala keutamaan. Bagaimana disebut dosa, itukan hanya keutamaan dan bukan pengharaman.

TANYA (komentar)
Alhamdulillah gak dosa, soalnya saya setiap hari hrs potong cambang dan kumis, kalo gak bisa brewokan

JAWAB
Alhamdulillah sesuatu banged ya…, tapi jangan guling guling sambil teriak wow ya mas.

 

TANYA
Kata org klo udah shalat ‘Id trus gak shalat Jum’ah, tetep harus shalat Dhuhur?, jd gmn ya ust supaya gak bingung?
JAWAB
Sebenarnya masalahnya sangat mudah dan simpel.
Kita jangan lagi bicara tentang shalat Dhuhur dihari Jum’ah.
Karena bagi laki-laki, kewajiban shalat Dhuhur dihari jum’ah sudah diganti dgn shalat Jum’ah. Jadi sudah tidak ada lagi shalat Dhuhur dihari Jum’ah (kecuali 4 gol lihat hadits Abu Dawud dibawah).
Nabi bersabda, “Menuju Jum’ah (Shalat Jum’ah) adalah wajib bagi lelaki baligh”. (HR.An-Nasa’i) dan lihat juga QS. Al-Jum’ah:9.
Berbeda dgn wanita, baginya tidak ada kewajiban shalat jum’ah, maka Dhuhur tetap menjadi wajib dilakukan karena rukshohnya hanya untuk shalat Jum’ah saja.

“Shalat Jumat wajib dilakukan setiap muslim secara berjamaah, kecuali 4 golongan: hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang yg sakit“. (HR. Abu Dawud)

Didalam hadits Rukshoh boleh tidak shalat Jum’ah dihari raya, tidak ada Rasulullah saw mengatakan diganti dgn shalat Dhuhur, padahal ini kan penting, mustahil Rasulullah lupa dan karena memang tidak ada shalat Dhuhur di hari Jum’ah.
Dari Zaid bin Arqom dan Muawiyah bertanya kepadanya: Apakah kau menyaksikan bersama Rasululllah saw dua hari raya berkumpul dalam satu hari?, Jawabnya: Betul. Beliau shalat ‘Id kemudian memberi kelongggaran tentang shalat Jum’ah, beliau bersabda: siapa yg menganggap cukup dgn shalat ‘Idnya BOLEH TIDAK JUM’AH”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah)
Lalu Ibnu Zubair berkata : “Dua hari raya berkumpul pada satu hari; maka ia mengumpulkan dgn melakukan shalatnya 2 rakaat dipagi hari (shalat ‘Id), IA TIDAK SHALAT LAGI HINGGA SHALAT ‘ASHAR”. (Fiqh Sunnah I:267)

Clear? Kalau masih bingung, kerjakan saja shalat Jum’ah, Finish !

TANYA
Hari TASYRIQ itu apa ya ?
JAWAB
“Hari Tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijah) adalah hari makan, minum dan mengingat Allah Swt”. (HR. Muslim)

Pada hari itu masih boleh menyembelih hewan Qurban.

Salam!

copas dari KTQS

Leave a Reply