PERINGATAN BAGI ORANG YANG TIDAK PUASA TANPA ALASAN SYAR’I

KTQS # 668

(SERI RAMADHAN 5)
PERINGATAN BAGI ORANG YANG TIDAK PUASA TANPA ALASAN SYAR’I

 

“Barangsiapa berbuka puasa sehari tanpa rukshah (alasan yang dibenarkan) atau sakit, maka tidak akan dapat ditebus (dosanya) dengan berpuasa seumur hidup meskipun dia melakukannya”.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

Renungkanlah Kisah Rasulullah Saw ini,

“Ketika aku sedang tidur tiba-tiba ada dua orang yang datang dan memegang pangkal lenganku dan membawaku ke sebuah gunung yang tinggi seraya berkata: “naiklah!”
Aku berkata: “aku tidak bisa”,
keduanya berkata lagi: “kami akan memberi kemudahan kepadamu”,
Lalu akupun naik sampai ke pertengahan, tiba-tiba terdengar suara keras.
Aku bertanya: “Suara apa itu?”
Mereka menjawab: “Itu suara. teriakan penghuni Neraka”
Kemudian mereka membawaku mendaki lagi, tiba-tiba aku melihat sekelompok orang yang digantung dengan urat belakang mereka, dari pinggiran mulutnya mengeluarkan darah.
Aku bertanya: “Siapakah mereka?”
Dijawab: “Mereka adalah orang-orang yang berbuka puasa (pada) bulan Ramadhan sebelum tiba waktunya (Tidak mengerjakan Puasa)”.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

Na’udzubillah….

Maka dari itu pelajarilah tentang Hukum Fidyah dan Qodho dengan benar, agar terlepas dari adzab neraka karena melakukan tatacara Fidyah dan Qodho yang salah sehingga dianggap belum berpuasa.

Berpuasa tidak cukup hanya mengurusi amalan hati dan niat baik saja, tapi amalan lahiriyah juga harus benar caranya sesuai Sunnah Rasulullah Saw.

Ibadah yang akan akan diterima oleh Allah adalah apabila memiliki dua syarat, yaitu : Ikhlas (Beribadah hanya kepada Allah dan karena-Nya) dan Mutaba’ah (yaitu mengikuti sunnah Rasul).

Islam adalah agama yang adil dan pertengahan diantara dua golongan yg berlebih-lebihan (ifroth) dan golongan yang meremehkan (tafrith) didalam beramal.

Jadi Islam itu sudah sempurna dan tidak membutuhkan kreatifitas dan akal kita diluar syariat, cukup dengan menjalani saja yang sudah ada.

 

Salam !

Copas dari KTQS

Leave a Reply