SETELAH KEMATIAN (1) : MLP (Multi Level Pahala)

KTQS # 750

SETELAH KEMATIAN (1) : MLP (Multi Level Pahala)

Salah satu diantara rahmat yang Allah berikan kepada orang yang beriman adalah mereka bisa saling memberikan kebaikan, sekalipun harus berpisah di kehidupan dunia. Karena ikatan iman, Allah abadikan, sekalipun mereka sudah meninggal.

1. Doa mukmin yang hidup kepada mukmin yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai doa yang mustajab. Doa anak soleh kepada orang tuanya yang beriman, yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai paket pahala yang tetap mengalir.

2. Ilmu yang diajarkan oleh seorang guru muslim kepada masyarakat, akan menjadi paket pahala yang terus mengalir, selama ilmu ini diamalkan.

3. Sedekah Jariyah selama hidup yg diniatkan karena Allah juga menjadi paket pahala yang terus mengalir.

Ketiga amal ini adalah Multi Level Pahala (MLP) yang terus mengalir dan membesar karena efek pahalanya yg memberikan rahmat bagi sekelilingnya dan juga double efek pahalanya karena diikuti oleh banyak orang secara estafet.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda tentang ketiga MLP ini, “Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya”. (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya)

Bahkan ikatan iman ini tetap Allah abadikan hingga hari kiamat. Karena ikatan iman ini, Allah kumpulkan kembali mereka bersama keluarganya di hari kiamat. “Orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka”. (QS. At-Thur: 21)

Sahabat kajian yang beriman, orang tua beriman, anak cucu beriman, berbahagialah, karena insyaaAllah akan Allah kumpulkan kembali di surga.

Salam !

copas dari KTQS

Leave a Reply