SETIAP MANUSIA PERNAH BERDOSA

SETIAP MANUSIA PERNAH BERDOSA ┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

 

Kata pepatah tak ada gading yang tak retak, tidak ada satupun yang sempurna. Tentunya kecuali Allah yang Maha Sempurna.

Memang demikianlah setiap org mesti pernah berbuat salah tanpa kecuali baik org biasa atau para nabi sekalipun. Hal ini dijelaskan Rasulullah

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَ خَيْرُ الخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ

“Setiap bani adam melakukan kesalahan dan sebaik-baiknya yang salah adalah yang bertaubat”.

Sampai-sampai Rasulullah bersabda,

“Seandainya seluruh hamba tidak berbuat dosa (sama sekali), tentulah Allah menciptakan makhluk lain yang berbuat dosa kemudian Allah mengampuni mereka dan Ia maha pengampun lagi maha penyayang”.

Oleh karena itu kita perlu solusi tepat untuk selamat. Solusinya hanya satu yaitu dengan bertaubat yang sungguh-sungguh dan memenuhi syaratnya. Sebab taubat menjadi salah satu sebab pengampunan Allah.

 

PENGHULU ISTIGHFAR

Nabi saw bersabda: Penghulu Istighfar ialah

“Allahumma anta rabbi laa ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’udzubika min syarri ma shona’tu abu-u laka bini’matika ‘alaiyya wa abu-u bidzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta”

(Ya Allah, Engkau adlh Rabbku. Tiada ilaha selain Engkau. Engkau tlh menciptakan aku, dan aku adlh hambaMu dan aku sll berusaha menepati ikrar dan janjiku kpdMu dgn segenap kekuatan yg aku miliki. Aku berlindung kepadaMu dr keburukan perbuatanku. Aku mengakui betapa besar nikmat-nikmatMu yg tercurah kpdku; dan aku tahu dan sadar betapa banyak dosa yg tlh aku lakukan. Krnnya, ampunilah aku. Tdk ada yg dpt mengampuni dosa selain Engkau).

“Siapa yang membaca doa ini di sore hari, lalu dia wafat pada malam harinya dan yang membaca doa ini di pagi hari, lalu dia wafat pada siang harinya maka dia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari 5831)

Leave a Reply