SHALAWAT RASULULLAH

 

SHALAWAT RASULULLAH

Allah Swt berfirman : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya”. (Al Ahzab: 56)

Hanya sayang dalam pengamalannya, sebagian kaum Muslimin tidak mengikuti Sunnah Nabi yang shahih dan suci dalam bershalawat dan mengucapkan salam kepada beliau.

Mereka membuat dan mengamalkan lafazh-lafazh shalawat dan salam yang tidak ada asalnya dari Islam dan sama sekali tidak pernah keluar dari lisan Nabi yang mulia. Mereka banyak membuat shalawat2 tandingan yang dibuat Rasulullah Saw, na’udzubillah.

Sebaik-baik shalawat, tentunya yang sesuai dengan petunjuk Nabi Saw, karena beliau lebih mengerti shalawat manakah yang paling sesuai untuk diri beliau.

Shalawat yang telah dituntunkan oleh Nabi Saw kepada umatnya, yaitu:

اللّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ ، اللهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Ya, Allah curahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah curahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, curahkanlah barakah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah curahkan barakah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

(HR. Al Bukhari dan Muslim)

Atau lafadz pendeknya adalah:

اللّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Jangan ditambah-tambah, jangan pula dikurang-kurangi, apalagi membuat shalawat-shalawat baru.

Cukupilah dengan petunjuk Allah dan Rasulnya. Islam sudah sangat sempurna dan tidak membutuhkan kreatifitas kita.

Barakallahu fiik !
Copas dari KTQS

Leave a Reply