Silsilah 12 Mahazi adalah Kewajiban Haji III yaitu Melempar Jumroh

Mahazi  12

Kewajiban haji bag III melempar jumroh

Melempar jumroh al aqobah pada hari an nahr atau tggl 10 Djulhijjah, baik dilakukan pada sebelum zawal (tergelincirnya matahari) atau masuknya sholat dhuhur atau sesudahnya serta melempar 3 jumroh : sughra, wustho dan qubro atau aqobah pd hari2 tasyriq setelah tergelincirnya matahari

Dalil atas wajibnya melempar jumroh adalah hadis Asim ibn adi radliallahu anhu bahwa rasulullah shalalallahu alaihi wasallam memberikan keringanan dalam bermalam pada para penggembala. Mereka melempar pada hari raya dan dua hari setelahnya pada 11 dan 12 mereka kumpulkan pd salah satu diantara keduanya.

HR An Nasai dgn sanad yg shahih

Yg dimaksud dgn penggembala adalah org2 yg menggembala  hewan2 yg akan dipotong di musim haji. Dan yg dimaksud dg bermalam disini adalah bermalam di mina.

Dalam hadis ini Rasulullahshalallahu alaihi wasallam  tetap  mengharuskan para penggembala utk melempar meskipun dg menjamak lemparan dalam dua hari.

Dan dalil bahwa melempar jumroh aqobah tgl 10 bisa dilakukan sebelum dhuhur / setelah dzuhur, adalah hadiz Zabir, beliau mengatakan:

Rasulullah melempar jumroh pada hari raya ketika waktu dhuha, adapun setelah hari raya maka beliau melempar setelah tergelincir matahari (HR Muslim)

Dalam hadis lain ada pertanyaan dari sebagian sahabat, di hari raya, aku melempar di waktu sore, Nabi menjawab tidak apa2. (HR Imam Bukhori –sahih)

Dan dalil bahwa melempar pd tggl 11,12, dan 13 wajib dilakukan setelah dzuhur , selain hadis Zabir ra diatas adalah hadis ibnu umar ra

Kami dahulu menunggu waktu, maka jika matahari tergelincir, kami pun melempar (HR al Bukhari)

S e l e s a i