SUAMI IDAMAN (bag-1)

 

SUAMI IDAMAN (bag-1)
Kewajiban dan Tanggung Jawab

 

Suami adalah pasangan hidup istri (ayah dari anak-anak), suami mempunyai suatu tanggung jawab yg penuh, dimana suami sangat dituntut bukan hanya sebagai pencari nafkah akan tetapi suami sebagai motivator dalam berbagai kebijakan keluarga.

Islam telah menetapkan kewajiban suami terhadap istrinya, sebagai bentuk tuntutan dan tanggung jawab. Bila hilang tanggung jawab tesebut, maka akan berakibat hancurnya kehidupan rumah tangga :

1.Tanggung jawab membimbing istri untuk taat kepada Allah dan memperdalam ilmu agama

Tanggung jawab yg paling penting adalah membimbing istrinya alam beribadah kepada Allah SWT dan memperdalam ilmu agama, dengan cara mengajak istri untuk menghadiri majlis-majlis ilmu dan menasehati istri dengan cara lemah lembut.

Firman Allah SWT : “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka atas sebagian yg lain”. (QS.An-Nisa:34)

Rasullullah SAW memperbolehkan para perempuan untuk solat di masjid dan menghadiri majlis-majlis ilmu :

Dari Aisyah R.A dia berkata: “Kami, para perempuan mukmin pernah menghadiri solat subuh bersama Rosulullah SAW”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Tanggung jawab mempergauli dengan baik

Seorang suami hendaknya memperlakukan istrinya dengan baik. Dalam al qur’an di jelaskan yang artinya:

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikannya diantaramu rasa kasih dan sayang..”. (QS.Ar. Rum:21)

 

Rasulullah SAW telah menegaskan tentang perlunya berlaku baik, sebagaimana terdapat dalam sabdanya:
“Iman seorang mukmin yg paling sempurna adalah yg terbaik budi pekertinya. Dan, sebaik-baik kalian adalah yg paling baik perlakuannya terhadap keluarganya”.
(HR.Ahmad dan Tirmidzi)

 

 

Salam !
Copas dari KTQS

Leave a Reply