SUAMI IDAMAN (bag-3)

 

SUAMI IDAMAN (bag-3)
Kewajiban dan Tanggung Jawab

 

6. Tanggung Jawab menyenangkan Istri

Syari’at islam mewajibkan seorang suami untuk mnyenangkan istrinya, bernain-main, dan bersenda gurau bersamanya.

Seperti dalam sunnah Nabi SAW yang artinya: Dari Aisya ra. Dia berkata: ‘Pada hari raya Ied, orang-orang bermain perisai (terbuat dari kulit), dan perang-perangan. Nabi saw. Bersabda : “engkau melihat mereka bermain, apakah engkau ingin turut bermain?” Aisyah menjawab:”iya” Beliau lalu mengangkatku dibelakang punggungnya, hingga pipiku bersentuhan dengan pipi beliau. Rasulullah berkata: “Wahai Bani Arfadah, aku akan bermain dengan kalian hingga aku bosan”. Rasulullah SAW kemudian berkata: “Cukup(berhentilah bermain)” Aisyah menjawab : ”baik”. Lalu Rasulullah memerintahkannya untuk pulang.(HR Bukhari dan Muslim)

7.Tanggung Jawab Suami membantu istri Melaksanakan Tugas-Tugas Rumah Tangga

Islam mewajibkan seorang suami membantu istrinya dalam menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, terlebi h disaat keadaan memaksa seorang istri untuk meminta pertolongan dari suaminya.

Seperti dalam firman Allh SWT yang artinya : “..Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”. (QS.Al-Maidah:2)

Aisyah ra pernah ditanya: “Apa yang dilakukan Rasulullah dirumahnya?”. aku (asiyah) menjawab:”Dia senantiasa membantu keluarganya.”(HR. Bukhari)

Dari Aisyah RA. Ia menceritakan tentang diri Rasulullah saw: ”Beliau menjahit sandal dan. pakaiannya, menjadi pelayan di rumah, seperti halnya kalian menjadi pelayan di rumah kalian sendiri.(HR. Ahmad)

 

 

Salam !
———-

copas dari KTQS

Leave a Reply