SUAMI IDAMAN (bag-4-habis)

 

SUAMI IDAMAN (bag-4-habis)
Kewajiban dan Tanggung Jawab

8.Tanggung Jawab Berbuat Baik kepada Kedua Orang Tua

Suami mengajak dan membantu istrinya untuk melakukan kebaikan kepada orang tuanya.

Seperti firman Allah SWT yang artinya: “..dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.. janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. (QS.Al-Isra:23)

Rasulullah menegaskan dalam sabdanya: “Sungguh malang dan merugi nasibnya (ia ulangi selama tiga kali). Para sahabat bertanya ”siapakah mereka wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: Orang yang mengetahui orang tuannya telah meninggal atau salah satunya, namun ia tidak mampu memasukannya ke dalam surga.” Artinya tidak berbakti kepada orang tuanya semasa hidup.

9. Membina Tanggung jawab Suami terhadap Rumah Tangga dalam prespektif Islam :

A. Membina Pendidikan Keislaman secara Sempurna terhadap Semua Anggota Keluarga.

Suami berkewajiban membantu istri dan anak membuat semua keluarga menjadi hamba yg taat dan menjadi contoh yg baik dalam masyarakat.

B. Membuat Aturan-Aturan sebagai kontrol dan Pengawasan dalam Lingkungan Keluarga.

Rumah Tangga muslim akan berusaha membangun dan mendidik anak-anak dgn akhlaq terpuji dan sopan santun.

Apabila terjadi pelanggaran atau kesalahan-kesalah yg di lakukan maka Suami sebagai kepala keluarga wajib menasehati agar pelaku pelanggaran menjadi sadar dan tidak mengulanginya.

C. Mencari Program Alternatif yg Islami untuk menggantikan Kebisaan yg dilarang syari’at

Indonesia bukan merupakan negara yg di bawah naungan islam jadi tidak heran apabila kebudayaan dari luar bercampur aduk dgn budaya indonesia, suami berkewajiban menjaga agar klrga tdk terjerumus melakukan kebudayaan yg dilarang syari’at.

 

Salam !
———-

copas dari KTQS

Leave a Reply