SUNNAH RASUL Yang Sesungguhnya

KTQS # 597

SUNNAH RASUL = SEKS ?
(Sunnah Rasul yg sesungguhnya untuk dilakukan pada malam/hari Jum’at)

1. Memperbanyak membaca Shalawat, kata Nabi SAW, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pd hari jum’at, maka barangsiapa yg paling banyak. bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku”. (HR. Baihaqi)

Maksudnya adalah perbanyak shalat sunat karena disitu ada shalawat.

2. Membaca Al Qur’an khususnya surat Al Kahfi. Kata Nabi saw,: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at”. (HR. Al Hakim)

Bukan membaca surah yasiin atau yg lainnya.

3. Memperbanyak do’a, Rasulullah Saw bersabda, ““Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yg memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tsb melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tsb jatuh setelah ‘ashar”. (HR. Abu Dawud)

Maksudnya adalah sepanjang hari jum’at.

4. Shalat Jum’at , Rasulullah Saw bersabda, “Salat Jumat itu wajib atas tiap muslim dilaksanakan secara berjamaah terkecuali empat golongan yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR.Abu Daud dan Al Hakim). Lihat juga hadits kemarin.

Wanita tidak usah shalat jum’at, seperti yg banyak dilakukan di masjidil haram dan nabawi.

KESIMPULAN, Tidak ditemukan dalil Sunnah Rasul tentang hubungan suami istri di hari Jum’at (malam Jum’at).

HADITS DIKAJIAN KEMARIN adalah KEUTAMAAN BAGI LAKI LAKI YANG MENDATANGI MASJID LEBIH AWAL UNTUK SHALAT JUM’AT, BUKAN KEUTAMAAN BERHUBUNGAN SUAMI ISTRI DI MALAM JUM’AT.

Satu hal lagi, Jangan lupa, yang namanya sunnah Rasulullah saw itu pasti pernah dicontohkan oleh Rasulullah Saw dalam urusan apapun, dan urusan ibadah harus ada dalilnya baik dari Al Qur’an maupun sunnah Rasulullah.

Sedangkan untuk urusan duniawi semuanya boleh, kecuali jika ada larangannya.

Mudahkan?
Salam !

Copas dari KTQS

Leave a Reply