TAHNIAH ‘IDUL FITRI

KTQS # 891

TAHNIAH ‘IDUL FITRI

Kalimat yg banyak diucapkan orang saat ‘idul fitri adalah “MINAL AIDIN WAL FAIZIN”. Lalu diikuti dengan kalimat : MAAF LAHIR DAN BATIN.

Kalimat ini ada dalam kamus bahasa Indonesia, tapi tidak ditemukan dalam kamus bahasa Arab dan tidak dikenal dalam bahasa arab.

Lalu apa arti Minal Aidin Wal Faizin? ialah, “Dari orang yg kembali dan orang-orang yg menang”. Dan ternyata, adalah kesalahan besar jika kita mengartikan Minal Aidin Wal Faizin dgn “Mohon maaf lahir dan batin”.

Ucapan tsb banyak dilakukan orang saat berlebaran dan sangat populer, namun sayang TIDAK ADA DASARNYA dan TIDAK JELAS ASAL USULNYA.

Mari kita perhatikan apa yg dilakukan sahabat Rasulullah terdapat dalam Fiqhus-Sunnah II:274 :
Dari Zubair bin Nufair ia berkata, “Para shahabat Rasulullah Saw apabila saling bertemu satu sama lain pada hari ‘Id berkata yg satu kepada yg lainnya,

‎تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

TAQABBALALLAHU MINNAA WA MINKUM, Semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt’ “.

Muhammad bin Ziyad berkata:
“Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan selainnya dari kalangan sahabat Nabi Saw. Mereka bila kembali dari shalat ‘Id berkata sebagiannya kepada sebagian yg lain : ‘Taqabbalallahu minnaa wa minka’ ”. (Ibnu Qudamah dalam “Al-Mughni” (2/259)

“Ucapan pada hari raya, di mana sebagian orang mengatakan kepada yg lain jika bertemu setelah shalat ‘Id : Taqabbalallahu minnaa wa minkum”. (Ibnu Taimiyah, Majmu Al-Fatawa 24/253)

Nah Sahabat, lalu kenapa mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin dan meninta maaf?.
Renungkanlah Firman Allah: “Apakah kalian ingin mengambil sesuatu yg rendah sebagai pengganti yg lebih baik?” (Al-Baqarah 61)

Sunnahnya adalah saling mendoakan. Jadi ucapkanlah:

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Lalu dijawab dengan : Aamiin waiyakum, Smg Allah kabulkan & doa itu utk dirimu juga, lalu dijawab lagi : Aamiin

Salam !

Copas dari KTQS

Leave a Reply